Ini Fitur Baru iOS 16 yang Segera Hadir di iPhone

ADVERTISEMENT

WWDC 2022

Ini Fitur Baru iOS 16 yang Segera Hadir di iPhone

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 07 Jun 2022 01:13 WIB
Jakarta -

Perhelatan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2022 dibuka dengan pengumuman iOS 16. Banyak perubahan dan fitur baru yang dikenalkan oleh Apple, apa saja?

Lock Screen Baru

Apple menghadirkan lock screen baru. Menariknya pengguna dapat melakukan kustomisasi elemen di dalamnya, mulai dari jenis huruf hingga menempatkan widget.

"Ini pembaruan terbesar yang pernah ada untuk layar kunci, membayangkan kembali cara kerjanya," kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering at Apple.

Pengguna bisa menggunakan lock screen dari koleksi wallpaper. Agar tak menutupi lock screen, Apple memindahkan notifikasi di bagian bawah.

Ada pula Live Activites yang menggabungkan notifikasi dan widget untuk memberikan informasi terbaru pada pengguna. Ini membantu pengguna tetap mengetahui hal-hal yang terjadi secara real time, seperti skor pertandingan bola, status ride sharing atau pesan antar makanan.

Tak ketinggalan Focus Mode kini dapat dengan mudah diakses dari lock screen, pengguna bahkan bisa menyesuaikan wallpaper dan widget sesuai opsi yang dipilih.

Lock Screen baru di iOS 16Lock Screen baru di iOS 16 Foto: Apple

Messages

Apple kini memberikan opsi edit sehingga pengguna dapat memperbaiki pesan yang typo. Selain itu diberikan Undo Send yang memungkinkan pengguna membatalkan pengiriman pesan.

Pengguna kini dapat melihat aplikasi yang mendukung SharePlay di FaceTime. Apple memberikian tombol SharePlay di Messages, sehingga pengguna bisa mengetik pesan sembari nonton.

Dictation

Apple meningkatkan kemampuan fitur Dictation yang memungkinkan pengguna berpindah dengan lancar antara suara dan sentuhan. Keyboard tetap terbuka saat Anda mendikte, sehingga pengguna bisa sewaktu-waktu bisa mengetik dengan mudah.

Apple turut memberikan Live Text pada video. Pengguna dapat menjeda video pada frame kemudian menyorot teks. Selanjutnya teks yang disorot bisa disalin atau dikonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan banyak lagi.

Live Text kini ada di videoLive Text kini ada di video Foto: undefined

Tak kalah menariknya ada Visual Look Up yang memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan subjek gambar untuk memindahkannya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Pesan. Visual Look Up juga diperluas untuk mengenali burung, serangga, dan patung.

Pay Later

Bagi masyarakat di Indonesia, paylater sudah bukan hal asing lagi. Banyak layanan keuangan yang memberikan fasilitas tersebut.

Apple menyediakan layanan yang serupa pada fitur pembayarannya. Dengan Apple Pay Later pengguna bisa membeli dulu membayarnya belakangan setelah empat hingga enam minggu setelah transaksi.

Nah asiknya Apple tidak mengenakan biaya bagi mereka yang menggunakan layanan ini.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT