Huawei Mate Xs 2 Tantang Galaxy Z Fold 3 di Pasar Global

Huawei Mate Xs 2 Tantang Galaxy Z Fold 3 di Pasar Global

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 19 Mei 2022 07:15 WIB
Huawei Mate Xs 2
Huawei Mate Xs 2 yang akan jadi pesaing Galaxy Z Fold 3 di pasar global. Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei kembali merilis HP layar lipat untuk menyaingi Samsung Galaxy Z Fold 3 di pasar global. Perangkat tersebut bernama Huawei Mate Xs 2, berikut spesifikasi dan harganya.

Masih mengusung desain seperti pendahulunya yang melipat layar di bagian luar. Ketika di bentangkan, Mate Xs 2 memiliki layar berukuran 7,8 inch dengan resolusi 2480 × 2200 pixels. Sementara ketika dilipat layar bagian depannya menjadi 6,5 inch dengan resolusi 2480 × 1176 pixels.

Huawei menggunakan panel OLED. Baik saat dibuka maupun dilipat, layar Mate Xs 2 punya refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240 Hz.

"Ketika ponsel ini dilipat, rasio screen to body masih sangat tinggi, mencapai 89,4%. Sangat nyaman saat digunakan karena desainnya compact," kata Richard Yu, CEO of the Consumer Business Group Huawei saat acara peluncuran yang digelar online pada Rabu malam (18/5/2022).

Huawei mengaku meningkatkan kerataan layar dari generasi sebelumnya hingga 70%. Selain itu mengadopsi desain engsel Falcon Wing tahan lama dan menjaga kerataan layar sehingga mengurangi lipatan layar.

Mate Xs 2 dibuat tipis dan ringan. HP ini punya ketebalan 5,4 mm dengan bobot 255 gram. Pun begitu Huawei menjanjikan perangkat barunya ini kuat dan kokoh.

Huawei Mate Xs 2Huawei Mate Xs 2 Foto: Huawei

"Kami menggunakan material titanium kelas aerospace, fiberglass yang halus dan baja MIM canggih. Jadi membuat ponsel ini kuat, kokoh namun tetap ringan," klaim Richard.

Huawei turut meningkatkan ketahanan jatuh hingga 2,5 kali, benturan 2,8 kali dan terlindas 1,4 kali. Ini berkat lapisan pelindung yang disematkan pada engsel dan layar yang konon terinspirasi dari mobil.

Soal fotografi, Huawei menyematkan tiga kamera belakang. Ada kamera utama 50 MP True-Chroma dengan aperture f/1.8 bersanding dengan lensa ultra-wide 13 MP dan telephoto 8 MP dengan kemampuan zoom optic. Sementara di bagian layar terdapat kamera selfie berukuran 10,7 MO,

"Kami memberikan 10-channel Multi-Spectrum Sensor yang membantu pengguna menangkap warna asli dengan akurat. Kami pun memperkenalkan Huawei XD Optic generasi terbaru dengan teknologi restorasi pencitraan sistem optik yang lebih canggih, memberikan peningkatan kejernihan dan detail gambar, baik ultra-wide, makro hingga portrait," ujar Richard.

Sayangnya Huawei tidak memodali Mate Xs dengan prosesor terbaru. Dapur pacunya menggunakan Snapdragon 888 yang diracik dengan RAM 8 GB dan memori internal 512 GB.

Ponsel ini menjalankan HarmonyOS 2 yang menawarkan fitur yang dihadirkan khusus untuk perangkat lipat, mulai dari dynamic theme hingga kemampuan multi-windows terbaru untuk kemudahan multitasking.

Mate Xs 2 dibekali baterai berkapasitas 4.600 mAh dengan teknologi pengisian cepat 66W yang menjanjikan pengisian 90% dalam 30 menit. Koneksi yang disediakan 4G VoLTE, WiFi 6, Bluetooth 5.2, NFC dan USB Type C. Tak ketinggalan Huawei memasang speaker ganda dan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power di bagian samping bodi.

Huawei memberikan pilihan warna putih, hitam dan ungu. Di Eropa, harga Huawei Mate Xs 2 dibanderol 1.999 euro atau sekitar Rp 30 juta, mulai dipasarkan Juni mendatang.

Huawei Mate Xs 2Huawei Mate Xs 2 Foto: Huawei


Simak Video "Xiaomi Luncurkan 3 Ponsel Seri 12S, Kolaborasi dengan Leica"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)