Wujud Prototipe iPhone Unik, Pakai Tombol Fisik Ala iPod

Wujud Prototipe iPhone Unik, Pakai Tombol Fisik Ala iPod

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Mei 2022 06:45 WIB
Prototipe iPhone
Wujud Prototipe iPhone Unik, Pakai Tombol Fisik Ala iPod Foto: Tony Fadell
Jakarta -

Sebelum Apple meluncurkan iPhone generasi pertama pada tahun 2007, mereka mengembangkan beberapa prototipe yang desainnya tentu berbeda dari iPhone yang kita kenal saat ini. Ternyata, ada juga prototipe iPhone dengan desain unik karena memiliki tombol ala iPod.

Prototipe tersebut dipamerkan oleh Tony Fadell, yang dulunya bertanggung jawab mengembangkan iPod. Belum lama ini Fadell merilis buku bertajuk 'Build' yang menceritakan pengalamannya bekerja di Apple dan perusahaan teknologi lainnya.

Fadell menceritakan sebelum tahun 2007, Apple belum pernah mengembangkan perangkat mobile kecuali iPod. Pemutar musik itu kemudian digunakan sebagai basis konsep iPhone pertama.

Karena Apple sempat membayangkan ide menambahkan fitur telepon di dalam iPod, maka prototipe unik ini diciptakan. Wujudnya mirip iPod Nano tapi dengan warna khas iPhone, lengkap dengan Click Wheel, tombol numerik, dan satu kamera.

Prototipe iPhonePrototipe iPod Phone Foto: Tony Fadell

Menurut Fadell, prototipe ini dibuat oleh perusahaan pihak ketiga saat tahap awal pengembangan 'iPod Phone'. Prototipe ini memiliki desain swivel yang bisa diputar untuk berganti dari Click Wheel ke tombol numerik.

Fadell mengungkap ternyata Steve Jobs sempat ngotot meminta timnya untuk menciptakan iPod dengan fungsi telepon ketimbang membuat perangkat baru. Pasalnya, Jobs menganggap desain iPod sudah sangat ikonik sehingga ponsel Apple harusnya juga memiliki Click Wheel.

"Kami bekerja berminggu-minggu untuk mencari tahu bagaimana membuat inputnya bekerja dengan click wheel. Kami tidak bisa melakukannya, dan setelah seluruh tim yakin kami tidak bisa melakukannya, dia (Jobs) mengatakan, 'coba terus!'" kata Fadell, seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (11/5/2022).

"Pada suatu saat kita semua mengatakan, 'tidak, itu tidak akan berhasil,'" sambungnya.

Meski Fadell sempat menganggap konsep ini merupakan ide yang bagus, ia kemudian menyadari bahwa pengalaman menggunakan ponsel dengan Click Wheel tidak sebagus perkiraan.

Ini kemudian membuat engineer Apple untuk memikirkan ulang proyek ini, dan menciptakan prototipe iPhone dengan layar sentuh besar, hampir tanpa tombol fisik, dan menggunakan sistem operasi berbasis Mac OS X.

Prototipe iPhonePrototipe iPhone dengan layar sentuh Foto: Tony Fadell


Simak Video "Selamat Tinggal, iPod Touch!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)