Pemutar Musik Legendaris Apple iPod Tamat Riwayatnya

Pemutar Musik Legendaris Apple iPod Tamat Riwayatnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 11 Mei 2022 10:00 WIB
iPod Touch
Apple Resmi Matikan iPod Setelah 20 Tahun Foto: Apple
Jakarta -

Apple mengumumkan akan mematikan iPod Touch, model terakhir dari lini pemutar musik portabelnya. Dengan dimatikannya iPod Touch, maka berakhir pula era iPod yang pertama kali dikenalkan dua dekade lalu.

Saat ini Apple masih menjual iPod Touch dengan harga mulai dari USD 199 dan akan tersedia sampai stoknya habis. Produk hybrid iPhone dan iPod ini tersedia dalam tiga varian yaitu 32GB, 128GB, dan 256GB, dan dalam enam pilihan warna.

"Musik selalu menjadi bagian dari inti kami di Apple, dan membawanya ke ratusan juta pengguna seperti iPod memberikan dampak tidak hanya di industri musik -- itu juga mendefinisikan bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan," kata Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak dalam keterangannya, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (11/5/2022).

Apple pertama kali mengenalkan iPod pada Oktober 2001 sebagai pemutar musik MP3 pertama yang bisa menyimpan 1.000 lagu. Saat itu meluncurkan iPod merupakan risiko besar bagi Apple yang masih berusaha untuk bangkit setelah hampir bangkrut dua tahun sebelumnya.

Tidak disangka iPod justru membantu mengubah Apple menjadi raksasa elektronik seperti sekarang ini. Perangkat ini dengan cepat mendominasi pasar MP3 player, dan iPod bahkan menyumbangkan 40% pendapatan Apple pada tahun 2006. Pada tahun 2011, Apple menguasai 70% pasar MP3 player global dan hingga saat ini sudah ada 400 juta unit iPod yang terjual.

Selama 20 tahun, lini iPod juga terus diperbanyak. Selain iPod klasik ada juga iPod Mini, iPod Nano dan iPod Shuffle. Apple berhenti menjual iPod klasik pada tahun 2014, disusul iPod Nano dan iPod Shuffle pada 2017.

Pada tahun 2007, Apple merilis iPod Touch dengan desain yang mirip iPhone generasi pertama lengkap dengan layar sentuhnya. Versi terbaru iPod Touch dirilis pada tahun 2019 dengan fitur yang hampir menyamai iPhone karena bisa digunakan untuk mengambil foto, mengirimkan email, dan melakukan video call.

Tapi kehadiran iPod Touch generasi pertama dibayang-bayangi oleh iPhone. Saat pertama kali mengenalkan iPhone pada Juni 2007, Steve Jobs mengatakan iPhone merupakan kombinasi tiga produk: iPod, telepon, dan komunikator internet.

Bahkan co-creator iPhone dan iPod Tony Fadell mengatakan tim iPod menyadari iPhone akan megalahkan perangkat MP3 player.

"Terlihat jelas bagi kami bahwa ada ancaman nyata dari ponsel, feature phone. Mereka mulai menambahkan musik, pemutar MP3, ke ponsel yang mereka jual saat itu," kata Fadell dalam wawancara dengan The Verge.

[Gambas:Youtube]



(vmp/fyk)