Foxconn Batal Curi Start Produksi iPhone 14

ADVERTISEMENT

Foxconn Batal Curi Start Produksi iPhone 14

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 06 Mei 2022 18:00 WIB
Foxconn
Ilustrasi pabrik Foxconn. Foto: Getty Images
Jakarta -

Tak sampai 24 jam setelah menyatakan akan menggeber perekrutan pegawai, Foxconn -- perakit utama iPhone -- membatalkan rencananya itu.

Foxconn mengaku akan menyetop perekrutan pegawai baru untuk pabriknya di Zhengzhou, China, setelah pemerintah China memberlakukan berbagai aturan pembatasan dan lockdown di kota dengan 11 juta penduduk tersebut.

Padahal, sebelumnya Foxconn sebelumnya baru saja mengaku akan menggeber perekrutan pegawai baru untuk bersiap meningkatkan kapasitas produksi, juga untuk menutupi permintaan yang berlebih akibat keterbatasan pasokan komponen untuk iPhone 14.

Untuk menarik minat calon pegawai ini, Foxconn menawarkan bonus yang lebih besar, mencapai 30%. Namun kini, Foxconn membatalkan masalah tersebut dan bakal memperumit produksi iPhone 14 yang bakal dirilis pada musim gugur 2022 mendatang.

Sejauh ini, Apple belum memperkirakan akan adanya penundaan peluncuran seri iPhone 14, tak seperti yang terjadi saat iPhone 12 diluncurkan. Peluncuran iPhone 12 tertunda dari September 2020 menjadi Oktober 2020.

Tetapi penundaan itu bukan tak mungkin terjadi, karena mayoritas produksi produk-produk Apple termasuk iPhone dilakukan di China. Dan saat ini di China tengah diberlakukan bermacam aturan pembatasan dan lockdown akibat peningkatan infeksi COVID-19.

Aturan lockdown ini juga yang sebelumnya membuat Foxconn buru-buru merekrut pegawai, karena jika sudah terlanjur terkena lockdown, para pegawainya tentu tak bisa datang ke pabrik.

Pada akhir April lalu, Foxconn menyebut ada 200 ribu pegawai yang bekerja di Zhengzhou, kota yang lebih dikenal sebagai "Kota iPhone". Mereka pun mengklaim kalau produksi mereka sejauh ini tidak terdampak oleh COVID.

Padahal, pada pertengahan April lalu, Kota Shanghai, China kembali menerapkan lockdown gegara lonjakan kasus COVID-19. Produksi iPhone di kota tersebut pun ikut terdampak dan akibatnya stok iPhone diprediksi bisa berkurang hingga jutaan unit.

Pegatron, salah satu mitra Apple untuk merakit iPhone, mengatakan akan menghentikan sementara produksi di pabriknya di kota Shanghai dan Kunshan. Kedua pabrik ini diyakini menjadi tempat produksi iPhone 13, iPhone SE, dan beberapa seri iPhone lawas lainnya.



Simak Video "Penampakan Antrean Pembeli iPhone 14 di China"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT