iPhone 13 Lanjut Produksi di Pabrik yang Sempat Penuh Penyakit

iPhone 13 Lanjut Produksi di Pabrik yang Sempat Penuh Penyakit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 06 Apr 2022 14:48 WIB
Suasana pabrik Foxconn
Ilustrasi pabrik Foxconn. Foto: doc. Scmp
Jakarta -

Apple kembali mulai memproduksi iPhone 13 di pabrik Foxconn yang berlokasi di Chennai, India. Ini artinya pabrik itu sudah lolos dari hukuman masa percobaan dari Apple setelah masalah yang terjadi di pabrik tersebut.

Pabrik Foxconn di kota yang berlokasi di Selatan India itu sebelumnya memang ramai jadi bahan pemberitaan. Pabrik tersebut pada Desember 2021 berhenti beroperasi setelah ratusan buruhnya masuk rumah sakit akibat keracunan makanan, yang kemudian memicu aksi demonstrasi dari buruh lain yang tak keracunan makanan.

Dalam investigasi yang dilakukan Reuters, terungkap kalau kondisi kehidupan buruh di pabrik tersebut sangat mengenaskan. Para buruh wanita yang bekerja di sana harus tinggal di asrama tanpa toilet yang bisa disiram, juga makanan yang terkadang sudah dipenuhi belatung.

Dalam investigasi tersebut Reuters berbicara ke enam wanita yang bekerja di pabrik perakit iPhone tersebut. Semuanya meminta namanya tak disebutkan karena takut akan keselamatannya.

Di kamar asramanya, para buruh wanita itu tidur di lantai, di mana satu kamar berisi enam sampai 30 orang. Lalu buruh yang lain menyebut mereka tinggal di penginapan yang toiletnya tak mendapat pasokan air bersih.

Apple pun kemudian mengambil tindakan atas berbagai tudingan terhadap kondisi kerja yang menyedihkan itu. Keputusannya adalah Apple memberikan kesempatan masa percobaan untuk pabrik tersebut, yang baru berakhir pada bulan April 2022 ini. Padahal sebelumnya Apple berencana memproduksi iPhone 13 di pabrik tersebut pada Januari lalu.

Alhasil baru sekarang, tujuh bulan setelah dirilis di India, produksi iPhone 13 tersebut dilakukan di Chennai. Hasil produksi tersebut nantinya akan dijual di pasar India dan juga diimpor ke negara lain, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Rabu (6/4/2022).

Tak diketahui negara mana yang akan kebagian iPhone 13 buatan India tersebut. Namun yang jelas ini adalah salah satu cara Apple untuk mendiversifikasi jaringan produksinya ke seluruh dunia, agar tak terlalu tergantung ke China.



Simak Video "Keindahan iPhone 13 Pro Edisi Alpine Green"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)