Kabel USB-C Ini Mendukung Daya 240W!

Kabel USB-C Ini Mendukung Daya 240W!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 06 Mei 2022 16:01 WIB
Ilustrasi USB-C
Ilustrasi USB-C. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Setelah standarnya dirilis beberapa waktu lalu oleh USB Implementer Forum (USB-IF), kini kabel USB-C dengan standar baru akhirnya dirilis ke pasaran.

Kabel tersebut dirilis oleh Club3D, dan menjadi kabel USB-C pertama yang bisa menghantarkan daya listrik mencapai 240W. Naik dari daya maksimal sebelumnya yang 'hanya' 100W.

Ada tiga kabel yang dirilis oleh Club3D, pertama kabel sepanjang 2m dengan bandwidth 480Mbps, lalu kabel 2m dengan bandwidth 20Gbps, dan kabel 1m dengan bandwidth 40Gbps (USB4 Gen 3x2).

Club3D USB C 240WClub3D USB C 240W Foto: Dok. Club3D

Semua kabel ini mendukung daya 240W, dengan arus maksimal 5A di 48V. Artinya, kabelnya tak akan jauh lebih tebal dibanding kabel USB-C biasa yang arus maksimalnya 3A, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (6/5/2022).

Namun sayangnya, meski kabel yang mendukung 240W sudah ada, belum ada perangkat di pasaran yang mendukung standar baru ini. Sejauh ini salah satu perangkat yang bisa mengirim daya terbesar di pasaran adalah adaptor charger MacBook Pro M1 Max dari Apple, dengan daya maksimal 140W.

Namun bisa saja kabel ini akan dijual bersama dengan laptop gaming, untuk menggantikan koneksi berbentuk bulat yang lazim dipakai di laptop dengan charger berdaya besar.

Saat ini sudah banyak laptop yang menggunakan USB-C sebagai port chargernya. Namun terbatas pada laptop yang memakai CPU dan GPU dengan konsumsi daya relatif rendah. Bukan laptop gaming yang dilengkapi GPU haus daya seperti, misalnya, RTX 3080.

Jadi, ke depannya bisa saja laptop-laptop gaming dengan GPU haus daya bakal memakai port USB-C untuk pengisian dayanya. Begitu juga dengan ponsel yang bisa diisi dengan daya besar, contohnya Xiaomi yang sudah pernah memamerkan pengisian daya 200W di ponsel. Juga Oppo yang memamerkan SuperVOOC terbaru dengan daya 240W.

Kehadiran USB-C standar baru ini tentu akan menjadi tambahan menarik dari sisi teknologi. Namun dari sisi kemudahan penggunaan, tentu akan menambah panjang standar membingungkan yang bisa diberikan oleh USB-C.



Simak Video "iPhone 15 Diprediksi Bakal Gunakan USB-C Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)