USB-C 'Naik Kelas' dari 100W ke 240W

USB-C 'Naik Kelas' dari 100W ke 240W

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 15:15 WIB
Ilustrasi USB-C
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Port USB-C diperbarui sehingga bisa menghantarkan daya listrik yang lebih besar, dari 100W 'naik kelas' menjadi 240W.

Diumumkan oleh USB Implementer Forum (USB-IF), kabel USB-C yang sebelumnya hanya bisa membawa daya maksimal 100W kini bisa membawa daya sebesar 240W, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (27/5/2021).

Artinya, ke depannya laptop game yang membutuhkan daya besar bisa saja menggunakan port USB-C untuk mengisi daya. Bukan lagi menggunakan colokan dan kabel bawaan yang besar seperti biasanya.

USB-IF menyebut standar USB-C baru ini sebagai Extended Power Range atau EPR. Dan tentu saja, kehadiran standar baru ini tak serta merta membuat charger dan kabel USB-C yang ada sudah ada langsung kompatibel dengan standar baru itu.

Anda tentu membutuhkan charger dan kabel baru untuk bisa menikmati standar baru itu. USB-IF mewajibkan pabrikan memberikan penanda khusus untuk kabel yang mendukung EPR, dan kabel itu harus bisa menghantarkan arus sebesar 5A dan tegangan mencapai 50V.

Tak cuma itu, kepala chargernya pun tampaknya harus menerapkan desain baru agar bisa menyalurkan daya sebesar 240W tersebut.

Peningkatan daya maksimal dari 100W menjadi 240W ini memang terbilang besar, namun mungkin tetap tak cukup untuk beberapa skenario. Contohnya adalah laptop gaming kelas atas, misalnya dengan GPU RTX 3070, mungkin membutuhkan daya yang lebih besar dari itu.

Lalu PC gaming, bahkan kelas entry level, biasanya paling tidak menggunakan power supply 450W. Bahkan untuk CPU dan GPU yang lebih tinggi butuh setidaknya 600W. Jadi penggunaan USB-C EPR ini jelas belum mencukupi.

Begitu juga dengan konsol generasi terbaru seperti PS5 dan Xbox Series X, yang setidaknya membutuhkan 350W saat dipakai bermain game. Mungkin penerapan di ranah desktop bisa dilakukan untuk perangkat seperti iMac generasi baru dengan chip M1, yang hanya membutuhkan daya sebesar 143W.



Simak Video "Viral Netizen Pamer 'Punya' PS5 di Instagram, Begini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)