5 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Mudik, Jangan Ketinggalan! - Halaman 2

ADVERTISEMENT

5 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Mudik, Jangan Ketinggalan!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 25 Apr 2022 22:36 WIB

3. Car charger

Ngecas Handphone di MobilNgecas Handphone di Mobil Foto: Dina Rayanti

Meski sudah membawa power bank, car charger tetap jadi produk yang wajib dibawa saat mudik Lebaran. Apalagi kalau yang berangkat mudik satu keluarga besar, kan tidak mungkin semuanya mengandalkan satu atau dua power bank saja.

Untuk itu car charger bisa menjadi solusi bagi keterbatasan di atas karena bisa lebih fleksibel dan bisa digunakan untuk mengisi ulang atau mentenagai beragam perangkat.

Saat memilih car charger untuk mudik, pastikan produk tersebut memiliki beberapa port agar bisa digunakan untuk mengisi daya banyak perangkat sekaligus. Selain itu cari juga yang menawarkan pengisian daya berkecepatan tinggi.

4. Dashcam

Car video camera attached to the windshield to record driving and prevent danger from drivingCar video camera attached to the windshield to record driving and prevent danger from driving Foto: istock

Kalau gadget yang satu ini dijamin bisa membuat perjalanan mudik kalian jadi lebih aman. Bukan hanya sekedar aksesoris, dashcam bisa mengawasi dan merekam kejadian selama perjalanan layaknya CCTV.

Perangkat ini akan sangat membantu saat kalian menghadapi masalah selama perjalanan mudik, misalnya saat terlibat kecelakaan atau menemukan pengemudi yang arogan. Karena semuanya sudah terekam oleh dashcam, kalian tidak perlu khawatir lagi karena sudah memiliki buktinya.

Dashcam yang tersedia di pasaran saat ini harganya beragam, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Fitur-fitur yang ditawarkan pun semakin canggih seperti kamera Full HD, sudut pandang yang lebar, night vision, GPS, dan lain-lain.

5. CCTV

kamera CCTVkamera CCTV Foto: Dok.Detikcom

Ini bukan gadget yang dibawa saat mudik, melainkan harus dipasang di rumah saat mudik. Fungsi kamera pengintai atau CCTV tidak kalah penting dibandingkan gadget-gadget di atas karena bisa menjadi mata kedua untuk mengawasi rumah dari jauh.

Tidak bisa dipungkiri bahwa momen mudik Lebaran merupakan waktu yang rawan perampokan karena banyak rumah yang kosong. Apalagi kalau satpam perumahan juga ikut libur dan tidak berjaga selama 24 jam, maka kondisi rumah bisa semakin rawan.

Untuk itu memasang CCTV jadi kewajiban agar bisa mudik dengan tenang dan bebas khawatir. Dengan CCTV, kalian bisa memantau kondisi rumah hanya dengan mengakses aplikasi di ponsel.

Saat ini CCTV yang tersedia di pasaran juga semakin pintar dengan fitur seperti night vision, jangkauan 360 derajat, dan motion sensor. Harga dan mereknya pun beragam, mulai dari Xiaomi, Bardi, TP-Link, dan masih banyak lagi.

(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT