HP Android Kalian Boros Baterai? Mungkin Aplikasi Ini Biangnya

HP Android Kalian Boros Baterai? Mungkin Aplikasi Ini Biangnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 22 Apr 2022 12:45 WIB
Ilustrasi Ponsel, Ilustrasi Smartphone, Ilustrasi charge
HP Android Kalian Jadi Boros Baterai? Mungkin Aplikasi Ini Penyebabnya Foto: Photo by Andreas Haslinger on Unsplash
Jakarta -

Bingung kenapa ponsel Android kalian belakangan jadi cepat panas dan baterainya lebih boros? Bisa jadi aplikasi Google Messages biang keroknya.

Seperti dikutip dari The Verge, Jumat (22/4/2022) bug di aplikasi Google Messages membuat kamera tetap aktif di background tanpa sepengetahuan pengguna. Akibatnya baterai perlahan jadi lebih boros dan membuat ponsel jadi cepat panas.

Di dalam aplikasi Google Messages ada cara mudah untuk mengambil foto dan langsung memasukkannya ke dalam SMS untuk kemudian dikirimkan. Selain melampirkan foto dari galeri, ada juga viewfinder kecil dari kamera yang memungkinkan pengguna untuk langsung mengambil foto dari thumbnail tersebut.

Dalam update terbaru untuk Google Messages, ternyata ada bug yang kadang membuat feed kamera tersebut tetap aktif bahkan saat tidak digunakan, termasuk saat Messages hanya aktif di background. Karena dibiarkan aktif terus-terusan tanpa sepengetahuan pengguna, hal ini menyebabkan baterai ponsel jadi boros dan perangkat jadi cepat panas.

Bug ini bisa dideteksi dengan mudah oleh Android 12 berkat indikator privasi untuk kamera dan mikrofon. Ketika isu ini terjadi, ponsel yang menjalankan Android 12 akan menunjukkan bahwa Google Messages masih terus menggunakan kamera.

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menutup aplikasi Google Messages dengan cara buka tab Recents di ponsel dan swipe aplikasi ke atas untuk menutupnya.

Kalian juga bisa mencabut izin akses kamera dari Google Messages. Caranya masuk ke aplikasi Settings > Apps > Messages > Permissions > Camera dan pilih opsi 'Don't Allow'.

Untungnya pengguna tidak perlu begitu khawatir akan bug ini. Perwakilan Google mengatakan mereka berhasil mengidentifikasi bug tersebut dan update perbaikannya sedang dirilis ke pengguna secara bertahap.



Simak Video "Deretan HP Android dengan Radiasi Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)