Android 13 Bakal Bikin Performa Gaming Makin Ngebut

ADVERTISEMENT

Android 13 Bakal Bikin Performa Gaming Makin Ngebut

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 19 Apr 2022 10:45 WIB
Ilustrasi game mobile
Android 13 Bakal Bikin Performa Gaming Makin Ngebut Foto: Shutterstock
Jakarta -

Gamer Android siap-siap mendapatkan kejutan menyenangkan dari Google. Pasalnya, Android 13 kabarnya punya fitur baru yang akan meningkatkan pengalaman gaming.

Berdasarkan kode yang baru ditemukan di Android 13 Developer Preview, sistem operasi terbaru dari Google ini akan memiliki metode baru bernama 'setGameState' di API GameManager, seperti dikutip dari Android Authority.

Metode ini memungkinkan game untuk memberitahu statusnya kepada platform dan apakah game sedang memuat sesuatu. Metode ini bisa mempercepat waktu loading game dengan memprioritaskan penggunaan CPU dan menawarkan kinerja yang lebih baik.

Dengan metode baru ini, game bisa memberitahu sistem apakah mereka bisa diinterupsi atau tidak. Developer game juga bisa memberitahu sistem untuk mendongkrak performa CPU dan tidak mengizinkan interupsi saat memuat sumber daya, aset, dan lain-lain sehingga waktu loading game bisa dipercepat.

Banyak vendor ponsel Android memang sudah menerapkan beragam mode untuk mengoptimalkan performa gaming dan mempercepat waktu loading game, misalnya mengerahkan lebih banyak daya CPU dan GPU.

Google juga telah mengenalkan banyak fitur gaming di Android 12. Beberapa ponsel Android, seperti Google Pixel 6, kini memiliki fitur Game Dashboard yang menyediakan akses kepada tools penting seperti jalan pintas untuk screenshot, merekam layar, toggle Do Not Disturb, dan lain-lain.

Selain metode 'setGameState', Google juga akan memberikan lebih banyak kontrol kepada developer untuk membuat grafis game yang lebih menarik. Jika fitur-fitur ini benar dibawa di Android 13 versi final, gamer Android tentu bisa semakin dimanjakan.

Google sendiri kemungkinan akan mengumumkan Android 13 secara resmi di event Google I/O pada pertengahan Mei mendatang. Sama seperti tahun sebelumnya, gelaran tahun ini kembali diadakan secara online dan gratis.



Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT