Google Punya Aplikasi Rahasia untuk Pindah dari iPhone ke Android

Google Punya Aplikasi Rahasia untuk Pindah dari iPhone ke Android

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 14 Apr 2022 21:40 WIB
Aplikasi Switch to Android
Switch to Android. Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google ternyata punya aplikasi rahasia untuk membantu pengguna iPhone yang ingin pindah ke perangkat Android.

Kenapa disebut aplikasi rahasia? Karena Google merilis aplikasi ini secara diam-diam tanpa publikasi, dan statusnya di App Store sendiri masih unlisted, alias tak akan muncul jika dicari. Hanya pengguna yang mempunyai tautannya yang bisa menjajal.

Aplikasi tersebut bernama 'Switch to Android', yang berfungsi secara nirkabel. Artinya pengguna tak perlu menggunakan kabel untuk memindahkan data antara kedua ponsel, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (14/4/2022).

"Aplikasi Switch to Android dari Google membantu anda untuk memindahkan data terpenting -- foto, video, kontak, dan data kalender -- secara cepat dan aman ke ponsel Android baru tanpa kabel yang kusut," tulis Google di deskripsi aplikasi tersebut di App Store.

Menurut 9to5Google, aplikasi ini berstatus unlisted. Saat dicoba, kami memang tak berhasil menemukan aplikasi 'Switch to Android' di App Store saat menulis artikel ini. Namun jika Anda tertarik, aplikasi tersebut bisa ditemukan di sini.

Langkah Google ini mungkin ketinggalan 7 tahun dari Apple, karena mereka sudah menghadirkan aplikasi Move to iOS di Play Store sejak 2015 lalu. Aplikasi Move to iOS itu adalah aplikasi Apple yang pertama untuk Android.

"Dengan beberapa langkah, anda bisa memindahkan konten anda secara otomatis dan aman dari perangkat Android dengan aplikasi Move to iOS," tulis Apple dalam deskripsi aplikasi tersebut.

"Tak perlu menyimpan data anda di tempat lain sebelum pindah dari Android. Aplikasi Move to iOS secara aman mengirimkan semua jenis konten untuk anda," tambahnya.

Data yang bisa ditransfer dari aplikasi tersebut mencakup kontak, kalender, akun email, catatan SMS, dan foto. Berbeda dibanding aplikasi Switch to Android yang tak mengizinkan pemindahan data SMS, mungkin karena di iOS ada iMessage.



Simak Video "Pengguna Ngeluh Update iOS 15.4 Bikin iPhone Gampang Lowbat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)