Android 13 Bikin Android TV Hemat Kuota dan Listrik

Android 13 Bikin Android TV Hemat Kuota dan Listrik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 19 Apr 2022 07:45 WIB
TCL A7 jalankan Android 11 dan bisa menangkap TV digital.
Ilustrasi Android TV. Foto: TCL
Jakarta -

Google biasanya merilis Android TV versi baru sekira 1-2 bulan setelah versi terbaru Android dirilis, dan untuk versi terbaru Android TV kabarnya akan punya fitur penghemat kuota dan listrik.

Pada 2021 lalu, Android TV 12 dirilis sebulan setelah Android 12 tersedia untuk ponsel Pixel. Nah kini, meski Android TV 13 belum dirilis, namun sejumlah fitur barunya sudah tersebar, seperti dukungan picture-in-picture (PiP)dan mode low power standby.

Sebenarnya, saat ini Android TV sudah mendukung mode PiP, dengan rasio 1,777778:1 yang cocok untuk menampilkan konten 16:9. Namun sebenarnya developer bisa membuat jendela PiP dengan rasio lebih kecil dari 1:2,39 atau lebih besar dari 2,39:1 jika diperlukan.

Seperti yang ditemukan oleh Mishaal Rahman dan dijelaskan di blog Esper, Google meningkatkan kemampuan fitur PiP ini di Android TV 13, di mana developer bisa membuat jendela PiP lebih besar atau lebih kecil dibanding sebelumnya.

Lalu ada juga dukungan overlay, yang membuat pengguna bisa memasang jendela PiP di atas tampilan utama, sehingga kedua jendela itu bisa terlihat dengan jelas untuk pengguna.

Android TV 13 juga punya mode baru bernama low power standby. Fitur ini akan mematikan bermacam kemampuan aplikasi untuk "membangunkan" TV dan melarang aplikasi untuk mengakses internet selama mode ini aktif.

Artinya, dengan mode ini, konsumsi daya televisi akan menjadi lebih kecil, sekaligus mengurangi konsumsi data internet, demikian dikutip detikINET dari Android Police, Selasa (19/4/2022).

Jika Google mengikuti jadwal kehadiran Android TV 12 tahun lalu, berarti Android TV 13 diperkirakan akan muncul pada November. Namun berbeda dengan ponsel, yang pembaruan OS-nya relatif cepat, pembaruan OS untuk TV ini lazimnya cukup memakan waktu. Bisa saja Android TV 13 baru hadir di perangkat pengguna pada awal 2023 mendatang.



Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)