Ini Kriteria AC yang Bisa Bikin Udara Ruangan Dingin Sekaligus Bersih

ADVERTISEMENT

Ini Kriteria AC yang Bisa Bikin Udara Ruangan Dingin Sekaligus Bersih

Yudistira Imandiar - detikInet
Jumat, 18 Mar 2022 15:30 WIB
Ilustrasi AC
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Semburan udara sejuk dari air conditioner (AC) membuat ruangan terasa nyaman ditempati, apalagi di siang hari saat matahari sedang bersinar terik. Dengan teknologi yang telah dikembangkan, AC modern mampu mendinginkan udara dengan cepat dan bahkan bisa membuat udara ruangan lebih sehat.

Sederhananya, AC bekerja dengan menyerap udara ruangan, lalu mendinginkan udara dengan mengandalkan gas freon. Udara dingin lantas dilepas lewat blower sehingga suhu udara ruangan berangsur turun dan terasa sejuk.

Durasi pendinginan udara sampai ruangan terasa sejuk bergantung pada kemampuan AC memproses dan melepas udara. Pabrikan AC pun mengembangkan inovasi teknologi sistem AC yang bisa secepat mungkin menurunkan suhu ruangan.

AC Smart Neuva Pro misalnya, menjanjikan proses pendinginan super cepat. Adalah teknologi High Cooling Capacity yang menjadikan AC Smart Neuva Pro dapat merilis udara dingin yang diklaim 20 persen lebih cepat dari AC lain di kapasitas yang sama. AC jenis ini dinyatakan memiliki kemampuan pendinginan mencapai 6000 BTU/h.

Polytron mengklaim AC Smart Neuva Pro dapat menurunkan suhu ruangan hingga mencapai 18 derajat celsius dalam waktu 7 menit saja. Dengan kemampuan ini, AC Polytron Neuva Pro membuat ruangan lebih nyaman ditempati, terlebih saat cuaca panas.

Untuk menunjang kinerja pendinginan, AC Smart Neuva Pro dipasangkan sirip 4 dimensi atau 4D Auto Swing. Bagian ini berfungsi mengalirkan udara secara lebih merata ke berbagai penjuru ruangan, agar udara sejuk lebih cepat terasa.

Dengan kemampuan pendinginan cepat itu, AC Smart Neuva Pro tak membuat penggunaan listrik di rumah atau kantor jadi membengkak. Alasannya, Polytron menggunakan teknologi Soft Start sehingga untuk menyalakan unit AC Smart Neuva Pro hanya butuh listrik sekitar 450 VA. Selain itu, AC ini dilengkapi sirkuit pengendali arus listrik untuk mencegah listrik turun karena kelebihan beban.

HEPA Filter untuk Saring Udara Kotor

Seperti yang sudah disinggung di awal, AC modern punya kemampuan ekstra, yakni membersihkan udara ruangan. Hal ini dimungkinkan lantaran unit AC telah dilengkapi dengan High Efficiency Particulate Air (HEPA) Filter.

HEPA merupakan jenis filter udara mekanis yang mampu melakukan penyaringan 99,7 persen debu, serbuk sari, bakteri, jamur, maupun partikel udara lain yang berukuran 0,3 mikron (┬Ám).

Melansir situs resmi Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (USEPA), dengan standar ukuran 0,3 mikron HEPA Filter dapat menyerap dengan baik berbagai partikel di udara dengan baik. Hal ini akan menjadikan udara yang dihasilkan perangkat yang dilengkapi HEPA Filter mampu merilis udara bersih tanpa polutan yang bisa mengganggu kesehatan manusia.

Ilustrasi ACFoto: Dok. Shutterstock

Penggunaan penjernih udara dengan HEPA Filter yang sudah terpasang di AC Smart Neuva Pro menjadi krusial di masa pandemi COVID-19. Seperti diketahui, berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit dapat berkerumun di udara dan terhirup saat Anda bernafas. Maka dari itu, aliran udara bersih seperti yang dijanjikan AC Smart Neuva Pro menjadi salah satu upaya preventif terhadap penyebaran penyakit.

Di samping itu, AC Smart Neuva Pro juga dilengkapi dengan High Density Dust Filter yang dinyatakan bisa menyaring debu di udara dengan efektivitas hingga 90 persen. Selain itu, terdapat filter karbon untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Dengan spesifikasi yang dimiliki, AC Smart Neuva Pro memberikan alternatif bagi Anda yang butuh pendingin sekaligus penjernih udara ruangan (air purifier). Dua kemampuan tersebut dikemas dalam satu perangkat sehingga lebih efisien.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT