Apple Disebut Patenkan Fitur Mode Peredam Bising Untuk AirPods 2

Apple Disebut Patenkan Fitur Mode Peredam Bising Untuk AirPods 2

Josina - detikInet
Rabu, 26 Jan 2022 22:10 WIB
Apple AirPods 3
Foto: Dok. Gizmochina
Jakarta -

Apple AirPods menjadi earphone true wireless stereo (TWS) yang paling populer di dunia. Dalam beberapa bulan mendatang Apple dikabarkan tengah bersiap untuk meluncurkan generasi barunya yang dinamai AirPods Pro 2.

Apple secara perlahan menambahkan beberapa fitur Pro ke model AirPods non-Pro. Untuk memastikan bahwa model Pro mengemas fitur unik agar membedakan dari model yang lain, Apple memiliki beberapa fitur baru yang sedang dalam tahap pengembangan.

Raksasa teknologi berbasis di Cupertino ini telah mengajukan aplikasi paten baru untuk fitur di Airpods Pro, berjudul 'Interupsi untuk perangkat audio peredam bising' yang pada dasarnya adalah mode transparansi otomatis.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menentukan terlebih dahulu kapan fitur Active Noise Cancellation (ANC) harus dijeda. Untuk ini, pengguna dapat mengatur fitur tersebut untuk diinterupsi oleh satu atau lebih kontak yang telah ditentukan sebelumnya, yang diidentifikasi oleh perangkat elektronik atau melalui perintah verbal, baik melalui pengenalan suara atau kata-kata pemicu.

Artinya fitur Active Noise Cancellation akan tetap aktif untuk AirPods Pro tetapi ketika pengguna melakukan kontak dengan seseorang yang ada dalam daftar kontak yang diperbolehkan untuk melakukan interupsi, maka earphone akan beralih ke Transparency Mode.

Fitur ini tidak akan terbatas pada kontak lain. Sebagai catatan, paten juga akan dapat mengenali suara-suara penting seperti sirene polisi atau ambulans, atau alarm asap atau kebakaran, dan suara-suara itu juga dapat diatur sebagai pemicu untuk beralih mode Transparency.

Dilansir detikINET dari Gizmochina, Rabu (26/1/2022) paten ini awalnya diajukan oleh Apple tahun lalu pada bulan Juli, tidak ada jaminan bahwa fitur tersebut akan masuk ke AirPods Pro dalam waktu dekat. Paten yang diajukan hanyalah indikasi bahwa Apple sedang berupaya mengembangkan fitur tersebut.

Adapun AirPods Pro 2 yang diharapkan akan resmi meluncur pada musim gugur tahun ini, bersama dengan banyak produk Apple lainnya. Ada rumor yang mengatakan bahwa earphone TWS ini hadir dengan desain yang diubah serta fitur-fitur baru yang berhubungan dengan kesehatan.



Simak Video "Apple Disebut Akan Pangkas Produksi iPhone dan AirPods"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)