AirPods Pro 2 Bakal Dukung Audio Lossless?

AirPods Pro 2 Bakal Dukung Audio Lossless?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 03 Jan 2022 20:31 WIB
AirPods Pro Caviar
Foto: dailymail
Jakarta -

AirPods Pro generasi ke-2 kabarnya bakal punya fitur yang menarik, yaitu dukungan terhadap Apple Lossless Audio Codec, format yang dipakai di banyak lagu di Apple Music Lossless.

Prediksi ini dikeluarkan oleh analis Ming-Chi Kuo dalam catatannya untuk para investor, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (3/1/2022).

Mengapa dukungan itu menarik? Karena sampai saat ini tak ada satu pun earphone dan headphone di lini AirPods yang mendukung format lossless tersebut, termasuk AirPods Max yang harganya paling mahal.

Semua lini AirPods yang ada hanya mendukung pemakaian Advanced Audio Codec (AAC) lewat Bluetooth, yang sejak bertahun-tahun lalu diandalkan oleh Apple. Alhasil semua AirPods yang ada saat ini tak bisa menikmati fitur lossless yang ada di Apple Music -- ataupun fitur sejenis di layanan streaming lain --.

Keterbatasan Bluetooth ini sebelumnya pernah diungkap oleh Gary Geaves, VP of accoustics di Apple, yang dalam wawancaranya dengan What Hi-Fi menyebut Apple perlu bekerja keras untuk 'memeras' kemampuan teknologi Bluetooth.

Menurutnya, masih ada beberapa cara untuk mengeluarkan semua kemampuan Bluetooth, termasuk mengakali keterbatasan Bluetooth. Namun ia tak menampik, bahwa bandwidth yang lebih besar tentunya akan lebih ideal.

Tak cuma soal format audio baru, menurut Kuo AirPods Pro 2 juga bakal punya casing yang berbeda, yaitu bisa mengeluarkan suara saat terpisah dari earphone. Hal ini untuk membantu penggunanya mencari casing AirPods yang hilang atau terselip.

Saat ini, hanya earphone yang bisa mengeluarkan suara saat penggunanya mencoba mencari AirPods lewat aplikasi Find My. Oh ya, Kuo juga menyebut AirPods Pro 2 bakal punya desain baru yang berfokus untuk keperluan olahraga.

Sebelumnya Bloomberg memang pernah memprediksi perubahan desain ini, yaitu mereka menyebut AirPods Pro 2 nantinya tak akan dilengkapi tangkai layaknya AirPods dan desainnya berubah menjadi seperti Pixel Buds ataupun Galaxy Buds.

AirPods Pro 2 pun disebut bakal punya sensor gerakan untuk memantau gerakan penggunanya dengan lebih baik saat berolahraga.



Simak Video "Apple Disebut Akan Pangkas Produksi iPhone dan AirPods"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)