Google Bikin Headset AR Sendiri?

Google Bikin Headset AR Sendiri?

Josina - detikInet
Selasa, 25 Jan 2022 17:46 WIB
XIAN, CHINA - NOVEMBER 20: (CHINA OUT) An etiquette girl is reflected on a big screen at the Googles 2008 Xian winter marketing forum on November 20, 2008 in Xian of Shaanxi Province, China. Google has covered in China most of the commercial value of users, 88 percent of search products and user information in the use of Google. (Photo by China Photos/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Google dikabarkan tengah mengembangkan perangkat headset AR (augmented reality) yang dinamai dengan 'Project Iris' yang direncanakan akan dirilis pada tahun 2024.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Selasa (25/1/2022) menurut laporan dari The Verge, prototipe headset AR saat ini sedang diuji di fasilitas Google di San Francisco Bay Area. Untuk desainnya dikabarkan menyerupai sepasang kacamata ski dan tampaknya tidak memerlukan koneksi yang ditambatkan.

Kamera pada headset AR ini juga direncanakan akan menghadap keluar dan akan memiliki baterai internal tanam untuk pengisian daya. Lalu juga akan memberikan video tambahan bagi pengguna saat perangkat ini digunakan.

Jika ini benar, ini bukan upaya pertama Google untuk membuat headset AR. Google membuat cek ombak pada tahun lalu ketika mereka meluncurkan Google Glass, tetapi pada akhirnya tidak berhasil.

Namun Google juga berusaha untuk mencoba peruntungannya di ruang VR dengan Google Cardboard-nya dan mendapatkan sambutan yang cukup baik.

Apple sebelumnya dirumorkan juga akan meluncurkan perangkat headset AR buatan mereka sendiri pada akhir tahun 2022. Headset Apple AR diperkirakan akan menggunakan layar microLED Sony dengan mode tembus pandang untuk konten AR dan mode buram untuk konten VR. Sebanyak 15 kamera akan digunakan, memberikan pengalaman yang benar-benar mendalam bagi pengguna.

Desainnya akan ringan dengan berat 200-300 gram berkat eksterior kain seperti bulu. Pengguna masih harus menyambungkan ke komputer/laptop untuk menyalakan headset AR sementara versi yang lebih portabel akan tiba pada tahun 2025.



Simak Video "Bocoran Gadget Jagoan Metaverse Mark Zuckerberg "
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)