Peneliti Kembangkan Perangkat Lengkap Untuk Penderita Diabetes

Peneliti Kembangkan Perangkat Lengkap Untuk Penderita Diabetes

Josina - detikInet
Senin, 24 Jan 2022 19:17 WIB
Ilustrasi Diabetes
Foto: shutterstock
Jakarta -

Bagi penderita penyakit Diabetes, mereka harus sangat berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsi. Bahkan, mereka harus mengukur kandungan karbohidratnya, kadar glukosa dan banyak lainnya.

Setelah menghitung kadar-kadar yang akan dikonsumsi, mereka juga harus menentukan dosis insulin yang tepat agar kadar gula tetap stabil. Untuk itu ada alat-alat khusus untuk mengukur semuanya, meski ini akan menjadi hal yang merepotkan terlebih jika akan makan di luar rumah karena harus membawa beberapa perangkat.

Namun para peneliti di MIT menciptakan inovasi baru dengan mengembangkan perangkat yang akan bertindak sebagai solusi lengkap. Saat ini, para peneliti telah mengembangkan dua model.

Satu menggunakan teknologi yang tersedia yang menggabungkan lanset pengambilan darah dan strip pengujian glukosa dan jarum insulin ke dalam satu perangkat.

Pertama mengambil darah pengguna dan mengujinya di strip, data kemudian dihitung untuk menentukan dosis dan kemudian insulin disuntikkan ke pengguna.

Perangkat kedua lebih ramping dan melibatkan satu jarum dengan sensor glukosa, sehingga ketika pengguna menyuntikkan sendiri, mengukur kadar glukosa sebelum melepaskan insulin ke dalam darah pengguna.

Juga akan ada aplikasi smartphone pendamping yang digunakan pengguna untuk mengambil foto makanan mereka untuk menentukan volume dan kandungan karbohidrat menggunakan kamera pengindra kedalaman dan pembelajaran mendalam ponsel.

Ide di balik perangkat ini adalah untuk merampingkan seluruh proses, sehingga memudahkan penderita diabetes untuk tetap di atas segalanya sehingga mereka akan termotivasi untuk melanjutkan perawatan mereka sebagaimana dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Senin (24/1/2022).



Simak Video "Peneliti Mesir Ciptakan Kursi Roda yang Bisa Dikendalikan 'Otak'"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)