Chip untuk Galaxy S22 Dirilis, Pakai GPU AMD

Chip untuk Galaxy S22 Dirilis, Pakai GPU AMD

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 18 Jan 2022 14:20 WIB
Samsung Exynos
Foto: Phone Arena
Jakarta -

Samsung akhirnya meresmikan Exynos 2200, system on a chip (SoC) pertama yang memakai chip grafis dari AMD.

GPU AMD yang dipakai ini menggunakan arsitektur RDNA 2, yang punya fitur seperti hardware accelerated ray tracing, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (18/1/2022).

Kerja sama Samsung dengan AMD ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama, yaitu pertama diumumkan ke publik pada 2019. Lalu pada 2021 lalu AMD mengkonfirmasi kalau SoC flagship Samsung selanjutnya akan memakai GPU RDNA 2.

Exynos 2200 dibuat menggunakan proses 4nm EUV milik Samsung, dan Samsung menamai GPU baru ini dengan kode "Xclipse". AMD juga memastikan kalau chip ini adalah chip pertama dari beberapa GPU AMD RDNA yang akan dipakai di SoC Exynos ke depannya.

Di sisi CPU, Exynos 2200 memakai core ARMV9 pada sebuah "core flagship" Cortex-X2, tiga buah core Cortex-A710, dan empat core efisien Cortex-A510. Lalu NPU baru yang dipakai dijanjikan punya performa dua kali lipat dibanding pendahulunya, dan ISP (prosesor gambar) yang dipakai mendukung sensor kamera sampai dengan 200MP, salah satunya sensor Isocell HP1 yang dirilis Samsung tahun lalu.

Lazimnya, Exynos flagship terbaru ini akan dipakai di Galaxy S terbaru, kecuali varian yang dirilis di Amerika Serikat yang memakai SoC Snapdragon dari Qualcomm. Namun ada juga pabrikan seperti Vivo yang memakai chip Exynos di beberapa ponsel buatannya.

Galaxy S22 diprediksi akan meluncur pada event Galaxy Unpacked 2022 yang digelar 8 Februari mendatang. Sementara itu pemesanannya di Korea Selatan akan dibuka sehari setelah perilisan, yaitu 9 Februari, dan penjualannya dimulai pada 24 Februari.

Samsung sendiri kemungkinan besar akan mengumumkan tiga ponsel baru yaitu Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra. Ketiga model ini akan mengusung chipset Exynos 2200 (dan Snapdragon 8 Gen 1 di beberapa negara).

Galaxy S22 Ultra digadang akan menjadi "penerus" Galaxy Note series dengan mengusung stylus S Pen yang terintegrasi dengan bodi ponsel. Varian teratas ini juga akan dibekali layar melengkung, baterai 5.000 mAh, serta empat kamera belakang dengan kamera utama 108 MP.



Simak Video "Sejumlah Netizen Keluhkan Tak Bisa Preorder Samsung Galaxy S22"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)