4 Ramalan Bos BlackBerry yang Salah Total - Halaman 2

ADVERTISEMENT

4 Ramalan Bos BlackBerry yang Salah Total

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 19:13 WIB
BlackBerry Priv
BlackBerry Priv. Foto: Istimewa

3. Keyboard Fisik adalah Segalanya

Keyboard fisik yang mumpuni adalah salah satu sebab BlackBerry laris manis. Walau di kemudian hari ada keyboard layar sentuh, bos BlackBerry tetap tidak bergeming.

"Tidak setiap orang bisa mengetik di kepingan kaca. Setiap laptop dan setiap ponsel lain (selain iPhone) punya keyboard fisik. Saya pikir desain kami memberikan kami keuntungan," sebut Jim Balsillie saat melihat peluncuran iPhone.

Waktu berlalu, BlackBerry masih mengandalkan keyboard fisik di saat dunia akhirnya beralih ke keyboard virtual. Ramalan Ballsilie salah, pada akhirnya semua orang terbiasa menggunakan keyboard virtual.

4. Banyak Aplikasi Tidak Penting

iPhone dan Android didukung oleh aplikasi yang melimpah di toko aplikasi masing-masing. BlackBerry kalah namun awalnya, bos BlackBerry tidak menganggapnya sebagai masalah besar.

"Anda tidak memerlukan ratusan ribu aplikasi untuk memuaskan orang-orang. Kebanyakan orang hanya menggunakan sejumlah kecil aplikasi di perangkat mereka," kata Jim Balsillie suatu ketika.

Pada akhirnya, konsumen lebih memilih dukungan aplikasi yang besar karena banyak pilihan. Salah satu penyebab keruntuhan BlackBerry adalah kalah jumlah aplikasi untuk ponselnya.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT