Nostalgia Fitur Unggulan BlackBerry Pada Zamannya

ADVERTISEMENT

Nostalgia Fitur Unggulan BlackBerry Pada Zamannya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 05 Jan 2022 18:10 WIB
Seorang model menunjukkan Blackberry Classic saat peluncuran di Jakarta, Rabu (25/3/2015). Blackberry ini menggunakan jaringan 4G LTE dijual dengan harga Rp 5.599.000.
(Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Per 4 Januari 2022 kemarin, BlackBerry resmi menonaktifkan sistem operasinya, termasuk BlackBerry 10, BlackBerry 7.1, atau yang lebih lawas lagi.

Ada beberapa fitur, keunggulan, ataupun hal ikonik dari ponsel dengan OS buatan Research in Motion tersebut. Apa saja sih?

BBM

BlackBerry MessengerBlackBerry Messenger Foto: detikinet

BlackBerry Messenger atau BBM, pada eranya, ini adalah jejaring pengiriman pesan yang sangat populer. Para penggunanya perlu bertukar PIN agar bisa masuk ke dalam daftar kontak. Saking populernya, tampaknya banyak orang yang sengaja membeli dan memakai ponsel BlackBerry hanya untuk memakai BBM.

PING!!!

Menyebut BBM tentu tak lengkap tanpa fitur PING ini. Sejatinya fitur ini dipakai untuk 'memanggil' teman lewat BBM. Tentu saja, fitur ini sering disalahgunakan dengan mengirim PING berulang-ulang sampai si ponsel penerimanya bergetar tak keruan.

Kini, kebiasaan 'meneror' teman chat itu seakan menurun ke pengguna platform berbagi pesan lainnya. Hanya saja, bentuknya jadi lebih sederhana, cukup mengetik huruf "p", namun dikirim berulang-ulang.

Keyboard fisik

Seorang model menunjukkan Blackberry Classic saat peluncuran di Jakarta, Rabu (25/3/2015). Blackberry ini menggunakan jaringan 4G LTE dijual dengan harga Rp 5.599.000.Seorang model menunjukkan Blackberry Classic saat peluncuran di Jakarta, Rabu (25/3/2015). Blackberry ini menggunakan jaringan 4G LTE dijual dengan harga Rp 5.599.000. Foto: Agung Pambudhy

Keyboard fisik mungkin adalah peninggalan BlackBerry yang sangat ikonik. Dipopulerkan oleh BlackBerry, dan kemudian ikut 'mati' bersama BlackBerry, karena sangat sedikit pabrikan ponsel lain yang kemudian membenamkan keyboard fisik di perangkat buatannya.

Trackball

HANOVER, GERMANY - MARCH 06:  Visitors try out Blackberry smartphones at the Blackberry stand on the first day of the CeBIT 2012 technology trade fair on March 6, 2012 in Hanover, Germany. CeBIT 2012, the world's largest information technology trade fair, will run from March 6-10, and advances in cloud computing and security are major features this year.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images)Foto: Sean Gallup/Getty Images Foto: GettyImages/Sean Gallup

Nah, ini adalah salah satu 'fitur' BlackBerry yang benar-benar jadul. Sebelum memakai trackpad, trackball adalah sarana navigasi di ponsel BlackBerry. Hanya saja, trackpad ini menyimpan masalah besar, yaitu mudah kotor.

Alhasil, minyak kayu putih adalah salah satu andalan para pemakai BlackBerry untuk membersihkan trackballnya. Meski sebenarnya, sih, lebih baik menggunakan alkohol 70%.

Twitter for BlackBerry

Dulu, mungkin ada gengsi tersendiri untuk pengguna Facebook dan Twitter yang memakai BlackBerry untuk memposting konten ke media sosial tersebut. Pasalnya, postingan yang berasal aplikasi Facebook dan Twitter for BlackBerry akan diberi label spesial dalam postingannya, yaitu Twitter for BlackBerry dan Facebook for BlackBerry.



Simak Video "5 Faktor Pendorong BlackBerry Disuntik Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT