Concept Luna, Produk Dell Ramah Lingkungan di CES 2022

CES 2022

Concept Luna, Produk Dell Ramah Lingkungan di CES 2022

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 07 Jan 2022 12:12 WIB
Visi Concept Luna, Suguhkan Produk Dell Ramah Lingkungan
Visi Concept Luna, Suguhkan Produk Dell Ramah Lingkungan (Foto: Dell Technologies)
Jakarta -

Dell Technologies mengungkapkan sebuah konsep baru, yang dirancang untuk mengurangi limbah elektronik, bertajuk Concept Luna. Di mana fokusnya memastikan setiap produk, mulai dari laptop, pc dan hardware mereka, ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Teknologi ini diperkenalkan di Consumer Electronics Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat.

"Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang krisis iklim, limbah elektronik dan kendala sumber daya, pertanyaan kami adalah bagaimana kami dapat mendorong penggunaan kembali (reuse) dan dapat mengurangi jejak karbon produk-produk Dell secara signifikan," ujar Glen Robson, Chief Technology Officer, Client Solutions Group.

Inti dari Concept Luna sangat sederhana, yaitu mendaur ulang dan menggunakannya. Adapun visi ke depannya dengan mengusung Reuse, Repair dan Recreating, seperti keterangan yang diterima detikINET, Jumat (7/1/2022).

Visi Concept Luna

  • Mengurangi jumlah baut hingga 10 kali lipat. Sehingga hanya dibutuhkan empat baut saja yang tersaji di komponen. Ini juga menjadikan proses repair dan pemasangan kembali menjadi lebih cepat.
  • Menghadirkan konstruksi palm rest, untuk memudahkan reparasi dan pemasangan. Juga mekanisme keyboard, dirancang agar mudah dibersihkan, dipisahkan dari komponen dan kemudian didaur ulang.
  • Menyuguhkan baterai yang dapat digunakan selama bertahun-tahun melalui deep-cycle cell, di mana memungkinkan pengisian daya yang panjang.
  • Printed Circuit Board (PCB) berbasis bio, dibuat dengan serat rami (flax), sebagai papan dasarnya dan polimer yang larut dalam air sebagai lem. Memudahkan proses daur ulang ketika memisahkan bagian logam dan komponen dari papan dasar.

Sedangkan menurut mereka, salah satu komponen paling banyak mengonsumsi energi, yaitu motherboard. Maka dari itu, Dell mencoba memperkecil total ukurannya hingga sekitar 75% (saat ini lebih kecil dari 5.580 mm2). Termasuk mengurangi jumlah komponen di dalamnya sekitar 20%, yang diperkirakan bahwa jejak karbon motherboard dapat dikurangi hingga 50%.

"Ide Concept Luna dan berbagai pengembangan di masa depan, serta upaya-upaya lain yang kami lakukan, dimaksudkan untuk terus mengembangkan kepemimpinan ekonomi sirkular yang telah ada di seluruh portofolio produk Dell saat ini," kata Robson.

Ia menambahkan bahwa tujuannya untuk memeriksa ulang, dan mempertimbangkan kembali setiap langkah dari siklus hidup produk. Sehingga dapat menghasilkan produk-produk Dell, yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan di masa depan.



Simak Video "Dell Mudahkan Pengguna Bongkar Pasang Produk Reusable"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)