Jurus Baru Google Supaya Android Libas Apple

ADVERTISEMENT

CES 2022

Jurus Baru Google Supaya Android Libas Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 07 Jan 2022 10:45 WIB
Google Better Together
Google Bikin Ekosistem Android Lebih Terintegrasi demi Saingi Apple Foto: dok. Google
Jakarta -

Google termasuk salah satu perusahaan yang tampil di CES 2022. Meski tidak memamerkan perangkat baru, Google mengumumkan banyak fitur baru yang akan hadir di ekosistem perangkat dan sistem operasi Android besutannya.

Fitur-fitur baru ini akan membuat integrasi antar perangkat Android jadi lebih mudah, mirip seperti ekosistem yang ditawarkan Apple. Ini merupakan bagian dari inisiatif 'Better Together' yang Google umumkan tahun lalu.

Update terbesar akan datang ke sistem Fast Pair yang dirancang untuk memasangkan perangkat dengan headphone Bluetooth dengan lebih mudah. Tahun ini, Google akan menambahkan fitur baru seperti auto-switching antar perangkat, pemasangan yang lebih cepat dengan Android TV dan Google TV, dan lain-lain.

Dengan update di fitur Fast Pair, pengguna wireless headphone bisa berpindah perangkat secara otomatis antara ponsel Android, Chromebook, PC Windows, dan lain-lain. Selain itu Google juga akan mendukung head tracking untuk spatial audio di Android.

Google juga akan mempermudah pengguna ponsel Android dan laptop Chromebook untuk membuka kunci perangkatnya menggunakan smartwatch yang menjalankan Wear OS 3. Fitur serupa telah tersedia di Apple Watch yang bisa digunakan untuk membuka kunci iPhone.

Google Better TogetherGoogle Better Together Foto: dok. Google

Tidak hanya untuk ponsel dan wearable, Google juga akan memperluas fitur Better Together untuk laptop. Raksasa mesin pencari ini sudah menggandeng mitra seperti HP, Acer, dan Intel, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (6/1/2022).

Dengan dukungan ini, pengguna bisa menggunakan Fast Pair, sinkronisasi pesan teks, dan menggunakan fitur Nearby Share untuk berbagi file di perangkat Windows mereka. Dukungan untuk perangkat Windows ini menyusul rencana Google untuk membawa Google Play Games ke sistem operasi buatan Microsoft tersebut.

Tidak hanya Windows, Google juga menyiapkan banyak fitur baru untuk Chromebooks selain Fast Pair. Google mengatakan mereka akan menciptakan sistem yang bisa menampilkan semua aplikasi messaging di ponsel ke Chromebook sehingga pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi messaging pilihannya.

Google juga akan menambahkan fitur bernama 'Camera Roll on Phone Hub' yang akan memudahkan proses pemindahan foto dari ponsel ke Chromebook. Laptop yang menjalankan Chromebook juga akan bisa di-setup dengan mudah dengan menghubungkan ponsel Android.

Beralih ke update yang lebih minor, Google saat ini masih mengembangkan dukungan untuk membuka kunci mobil menggunakan UWB yang ada di ponsel. Saat ini fitur tersebut baru tersedia di Google Pixel 6 Pro dan ponsel flagship Samsung.



Simak Video "Aplikasi Penyedot Pulsa yang Perlu Diwaspadai Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT