Intel Pamer 22 Prosesor Alder Lake di CES 2022

ADVERTISEMENT

Intel Pamer 22 Prosesor Alder Lake di CES 2022

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 22:45 WIB
Intel Core Generasi 12
Foto: Intel
Jakarta -

Intel memboyong 22 prosesor Alder Lake untuk desktop ke CES 2022, mulai dari Core i9-12900 yang harganya USD 489 sampai Celeron G6900 yang harganya USD 42.

Alder Lake, atau Intel Core generasi ke-12, pertama dirilis pada akhir Oktober 2021 lalu. Namun saat itu Intel hanya merilis enam prosesor kelas atas yang harganya mahal, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (5/1/2022).

Namun kali ini lini yang mereka rilis jauh lebih lengkap, meski ada beberapa di antaranya yang punya kemiripan dengan Alder Lake yang sudah dirilis sebelumnya, misalnya Core i9-12900 yang varian unlocked-nya sudah dirilis pada 2021 lalu.

Lalu Intel pun merilis Alder Lake seri F, yang tak memiliki GPU terintegrasi, juga seri T yang TDP-nya hanya 35W. Meskipun banyak perbedaan, deretan prosesor Alder Lake baru ini punya arsitektur hybrid yang sama dengan Alder Lake yang sudah dirilis sebelumnya.

Yaitu gabungan core performa tinggi dan core hemat daya untuk memaksimalkan performa namun tetap efisien. Sama seperti skema BIG.little yang dipakai ARM.

Tentu selain prosesor baru, Intel pun merilis jajaran chip motherboard (mobo) untuk dipasangkan dengan prosesor baru ini. Seperti tiga chipset mobo kelas konsumen di seri 600, yaitu H670, H660, dan H610, menemani jajaran chipset Z690 yang sebelumnya sudah ada.

Intel Alder LakeIntel Alder Lake Foto: Dok. Intel

Fitur di chipset seri 600 ini tentu lebih minim dibanding Z690, namun terbilang sangat mencukupi untuk keperluan standar. Fitur yang berkurang antara lain adalah jalur PCI dan USB yang lebih sedikit, namun tetap punya fitur kunci seperti WiFi 6E dan PCIe 4.0.

Intel Alder LakeIntel Alder Lake Foto: Dok. Intel

Intel pun punya tiga kipas pendingin CPU baru yang akan dipaketkan dengan prosesor kelas 65W, yaitu Intel Laminar RH1 (dengan lampu RGB) yang dipaketkan dengan seri Core i9, Laminar RM1 untuk Core i7, Core i5, dan Core i3, serta Laminar RS1 untuk Pentium dan Celeron.

Perusahaan chip yang bermarkas di Santa Clara ini mengatakan chip Intel Core generasi ke-12 menandai peralihan perusahaan ke desain hybrid. Intel menyebut perubahan tersebut sebagai "Pergeseran Arsitektur Terbesar dalam Satu Dekade."

Alih-alih memiliki beberapa inti dengan kecepatan dan kinerja clock yang sama, chip Intel yang baru dilengkapi dengan kombinasi P-core (Performance cores) dan E-cores (Efficient cores). Arsitektur baru ini mirip dengan apa yang dimiliki chip seri-M Apple - arsitektur big.LITTLE ARM.

Jumlah P-core dan E-core berbeda di semua model. Misalnya 16-core i9-12900K memiliki 8 P-core dan 8 E-core, sedangkan 10-core i5-12600K memiliki 6 P-core dan 4 E-core. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa hanya P-core yang mendukung multi-threading dan bukan E-core.

Selain itu, karena core sekarang dibagi menjadi dua versi, Intel menentukan kecepatan base, boost, dan max clock untuk P-core dan E-Core.



Simak Video "Komisi I DPR RI Sayangkan WNI Jadi Agen Intel Asing di Kaltara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT