Waduh, Kapasitor Terbalik Bikin Motherboard Asus Terbakar

Waduh, Kapasitor Terbalik Bikin Motherboard Asus Terbakar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 31 Des 2021 10:15 WIB
Asus Maximus Z690 Hero Terbakar
Asus Maximus Z690 Hero. Foto: Dok. Asus
Jakarta -

Seorang pengguna di Reddit menyebut adanya beberapa motherboard Asus ROG Maximus Z690 Hero terbakar. Penyebabnya? Kapasitor yang terpasang terbalik.

Hal ini cukup ironis, mengingat seri motherboard ROG Maximus ini adalah adalah salah satu komponen premium yang harganya terbilang mahal dibanding motherboard lain dengan chipset yang sama.

Sebagai informasi, chipset Z690 ini adalah chipset untuk prosesor Intel seri terbaru, yaitu Intel Core generasi ke-12 alias Alder Lake.

Pengguna di Reddit itu menyebut dari dua mobo Z690 Hero yang ia jajal selama tiga hari, satu di antaranya terbakar. Sama seperti sejumlah laporan sejenis yang muncul di YouTube dan forum Asus.

Sebelumnya memang ada beberapa pengguna mobo tersebut yang mengeluhkan MOSFET-nya meleleh, munculnya kode error, serta mobo Z690 Hero yang mengeluarkan asap.

Asus pun menginvestigasi masalah tersebut dan menemukan penyebabnya. Yaitu kapasitor yang terpasang terbalik, tepatnya kapasitor yang berada di sebelah slot DDR5 di mobo tersebut. Kapasitor yang terbalik itu menjadi panas dan merusak MOSFET serta komponen lain yang ada di dekatnya.

"Kami baru-baru ini menerima laporan insiden terkait motherboard ROG Maximus Z690 Hero. Dalam investigasi yang masih berjalan, kami mengidentifikasi kapasitor memori yang terpasang terbalik dalam proses produksi di satu lini, yang mungkin menyebabkan debug error code 53, tidak ada post, ataupun kerusakan komponen motherboard," jelas Asus dalam pernyataannya.

Tak semua mobo Z690 Hero yang kapasitornya terpasang terbalik. Melainkan hanya mobo yang seri 90MB18E0-MVAAY0 dan nomor seri yang dimulai dengan MA, MB, dan MC, yang kemungkinan mengalami masalah tersebut.

Pengguna mobo Z690 Hero disarankan mengecek boks mobonya untuk mengecek nomor seri tersebut, dan menghubungi layanan pelanggan Asus jika mobonya mempunyai nomor seri tersebut karena Asus tengah mengusahakan program penggantian unit untuk mobo tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Asus Indonesia mengklaim kalau ROG Maximus Z690 hero yang didistribusikan secara resmi di Indonesia lewat PT Sempurna Utama dan PT Synnex Metrodata Indonesia tidak mengalami masalah kapasitor terbalik ini.

"Untuk ke depannya, kami akan melanjutkan pemeriksaan menyeluruh kami dengan pemasok dan pelanggan kami untuk mengidentifikasi semua kemungkinan motherboard ROG Maximus Z690 Hero yang terpengaruh di pasar dan akan bekerja dengan lembaga pemerintah terkait dalam program penggantian," tulis pabrikan asal Taiwan tersebut.



Simak Video "Create with ASUS"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)