Pasokan RAM DDR5 Menipis, Harganya Bakal Melonjak

Pasokan RAM DDR5 Menipis, Harganya Bakal Melonjak

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 09:15 WIB
Intel Alder Lake
Foto: Intel
Jakarta -

DDR5 adalah generasi RAM terbaru untuk PC yang jadi pasangan serasi untuk prosesor Intel Alder Lake dengan motherboard Z690. Sayangnya, pasokan RAM tersebut sudah menipis dan harganya bakal melonjak.

Chipset motherboard Intel Z690 mendukung penggunaan PCIe 5.0 dan DDR5. Ironisnya, meski pasokan motherboard dan prosesor Alder Lake tak bermasalah, justru pasokan RAM-nya yang terganggu.

Penyebabnya adalah chip Power Management Integrated Circuit (PMIC) yang dipakai DDR5. Chip PMIC di DDR5 ini berbeda dengan yang dipakai di DDR4 dan RAM generasi-generasi sebelumnya karena RAM DDR5 membutuhkan sistem manajemen daya yang berbeda untuk menarik daya dari motherboard.

Nah, chip PMIC inilah yang pasokannya menipis, dan bahkan harga chipnya 10 kali lebih mahal dibanding chip sejenis untuk DDR4, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Selasa (23/11/2021).

"Chip PMIC saat ini pasokannya terbatas, dan harga pembelian dari chip PMIC untuk memori DDR5 10 kali lebih mahal dibanding chip sejenis di D4 (DDR4)," tulis 12chip dalam laporannya.

Untungnya, ada cara untuk mengakali kelangkaan ini. Ada sejumlah motherboard Z690 yang mendukung penggunaan DDR4, contohnya di Gigabyte Z690 Aorus Elite. Jadi pengguna untuk sementara bisa menggunakan DDR4 sampai ketersediaan DDR5 sudah membaik.

Tentu saja performa DDR4 bakal lebih rendah ketimbang DDR5, karena Crucial, salah satu produsen RAM menjanjikan nantinya RAM DDR5 bakal bisa mencapai kecepatan 8.400 MHz.

Intel memang belum melupakan DDR4, bahkan pada prosesor generasi ke-13 Raptor Lake yang bakal dirilis pada 2022 mendatang, Intel masih mendukung DDR4.

Tampaknya ini wajar karena Raptor Lake juga masih memakai soket LGA1700 yang dipakai di Alder Lake, sehingga besar kemungkinan chip Z690 yang ada saat ini juga mendukung penggunaan prosesor Raptor Lake.



Simak Video "Huawei Boyong MateBook D14 dan D15 ke Indonesia, Apa Kelebihannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)