Ini Daftar Game yang Tak Bisa Dimainkan di Intel Alder Lake

Ini Daftar Game yang Tak Bisa Dimainkan di Intel Alder Lake

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 07 Nov 2021 13:35 WIB
Intel Alder Lake
Foto: Intel
Jakarta -

Inovasi Intel di lini prosesor Alder Lake ternyata membuat sejumlah game tak bisa dimainkan. Ini daftar game tersebut.

Hal baru yang ada di Alder Lake adalah penggunaan core dengan kecepatan berbeda, mirip dengan skema BIG.little di ARM. Jadi ada core yang kencang dan ada core yang hemat energi dalam satu prosesor.

Dalam hal performa gaming, Alder Lake pun bisa memberikan persaingan yang berarti bagi lini Ryzen dari AMD. Namun game seperti Assassin's Creed: Valhalla tidak bisa dimainkan di sistem berbasis Alder Lake, karena tidak bisa dibuka sama sekali.

Menurut Intel hal ini terjadi karena masalah Digital Rights Management (DRM), yang mengenali core efisien di Alder Lake (E-cores) sebagai sistem yang berbeda. Hal ini membuat gamenya tidak bisa diluncurkan, atau kalau pun bisa, gamenya bakal crash saat sedang dimainkan.

Intel pun merilis daftar game yang terdampak dari masalah DRM di Alder Lake ini. Oh ya, daftar gamenya ini lebih panjang jika pengguna masih menggunakan Windows 10 dan bukan Windows 11.

Mereka pun bakal merilis patch untuk Windows 11 pada pertengahan November mendatang. Juga bekerja sama dengan para developer game untuk memperbaiki game lainnya.

Sebelum patchnya dirilis oleh Intel, ada cara darurat untuk memperbaiki masalah ini. Yaitu dengan menyalakan Legacy Game Compatibility Mode, yang akan mematikan sementara E-cores di Alder Lake saat bermain game. Begini caranya.

  • Nyalakan sistem dan masuk ke dalam BIOS
  • Nyalakan Legacy Game Compatibility Mode di BIOS
  • Simpan pengaturan BIOS dan keluar
  • Booting ke OS
  • Nyalakan Keyboard Scroll Lock
  • Buka game
  • Matikan Keyboard Scroll Lock setelah selesai bermain game

Daftar game yang terdampak dari masalah Alder Lake ada di halaman berikutnya