Intel Core Generasi ke-12 Alder Lake Diumumkan, Kinerja Kian Gahar

Intel Core Generasi ke-12 Alder Lake Diumumkan, Kinerja Kian Gahar

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 28 Okt 2021 22:12 WIB
Intel Core Generasi 12
Intel Core generasi ke-12 resmi diumumkan. Foto: Intel
Jakarta -

Chip Intel Core generasi ke-12 Alder Lake resmi diumumkan. Ada enam chip baru yang dihadirkan, semuanya membawa peningkatan kinerja dari generasi sebelumnya.

"Prosesor 12th Intel Core adalah lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya," kata Gregory Bryant, Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group.

Awalnya ada tiga model yang akan dirilis, yakni Core i9-12900K, Core i7-12700K, dan Core i5-12600K. Kemudian akan dihadirkan versi 'KF' dari masing-masing chip tersebut yang tidak membawa GPU terintegrasi.

Perusahaan chip yang bermarkas di Santa Clara ini mengatakan chip Intel Core generasi ke-12 menandai peralihan perusahaan ke desain hybrid. Intel menyebut perubahan tersebut sebagai "Pergeseran Arsitektur Terbesar dalam Satu Dekade."

Alih-alih memiliki beberapa inti dengan kecepatan dan kinerja clock yang sama, chip Intel yang baru dilengkapi dengan kombinasi P-core (Performance cores) dan E-cores (Efficient cores). Arsitektur baru ini mirip dengan apa yang dimiliki chip seri-M Apple - arsitektur big.LITTLE ARM.

"Kini kita sedang berada di awal era baru PC dengan diperkenalkannya Windows 11," kata Panos Panay, Executive Vice President dan Chief Product Officer, Microsoft.

"Dengan Windows 11 dan teknologi terbaru Thread Director dari Intel, para pengguna akan merasakan tingkat performa PC yang jauh lebih tinggi melalui keluarga prosesor 12th Gen Intel Core," ujarnya.

Intel Core Generasi 12Intel Core Generasi 12 Foto: Intel

Chip baru bekerja dengan cara yang sama seperti smartphone masa kini. P-core melakukan tugas tugas berat sedangkan E-core melakukan tugas tingkat rendah, seperti memutar musik atau menampilkan video offline.

Jumlah P-core dan E-core berbeda di semua model. Misalnya 16-core i9-12900K memiliki 8 P-core dan 8 E-core, sedangkan 10-core i5-12600K memiliki 6 P-core dan 4 E-core. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa hanya P-core yang mendukung multi-threading dan bukan E-core.

Selain itu, karena core sekarang dibagi menjadi dua versi, Intel menentukan kecepatan base, boost, dan max clock untuk P-core dan E-Core. Intel Core 12th Gen i9-12900K memiliki kecepatan clock dasar 3,2GHz, kecepatan clock boost 5,1GHz, dan kecepatan clock maks 5,2GHz untuk P-core. Untuk E-core Core i9-12900K, Intel mengatakan bahwa ini memiliki clock speed 2.4GHz base clock dan 3.9GHz boost clock speed.

Halaman selanjutnya: ukuran cache dan harga >>>



Simak Video "Huawei Boyong MateBook D14 dan D15 ke Indonesia, Apa Kelebihannya?"
[Gambas:Video 20detik]