Dell Kenalkan Concept Luna di CES 2022, Upaya Kurangi Limbah Elektronik

Dell Kenalkan Concept Luna di CES 2022, Upaya Kurangi Limbah Elektronik

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 09:45 WIB
Dell Perkenalkan Sistem Terbaru Bertajuk Concept Luna
Dell Perkenalkan Concept Luna, Upaya Mengurangi Limbah Elektronik ((Foto: Screenshot Dell Technologies CES Preview Webminar)
Jakarta -

Drew Tosh, Design Strategy, Experience Innovation Group (EIG), menerangkan sebuah konsep anyar yang dibawa Dell Technologies. Bertajuk Concept Luna, ia menyampaikan bagaimana ini nantinya dapat mendorong seluruh produk lawasnya, untuk digunakan kembali oleh orang-orang dan mendaur ulangnya setelah beberapa kali digunakan.

"Intinya kami mencoba merancang suatu sistem, untuk memperbarui perangkat lama dan membawanya kepada produk terbaru," kata Tosh di acara Dell Technologies CES Preview.

Ia mengatakan, bahwa bersama tim mengembangkan sebuah perangkat yang mudah dibongkar ketika diperbaiki. Mulai dari melepaskan keyboard, monitor atau komponen-komponen penting di dalamnya. Termasuk kemudahan dalam memasangnya kembali.

"Dengan semakin meningkatnya krisis iklim, e-waste dan keterbatasan sumber daya, mendorong Dell untuk menyuguhkan penggunaan ulang hingga batas maksimum. Termasuk secara drastis, bisa mengurangi jejak karbon produk-produk Dell," kata Glen Robson, Chief Technology Officer, Client Solutions Group.

Tosh juga menambahkan penjelasan terkait data yang diperoleh dari Life Cycle Assessment (LCA), di mana komponen di dalam perangkat menjadi sangat penting, yang dapat menyebabkan dampak karbon. Oleh sebab itu, mereka pun benar-benar fokus pada bagaimana mengurangi ukuran dari motherboard.

"Kami menurunkan 75% dari ukuran motherboard. Kami berharap hal ini dapat segera dilakukan kepada produk utama kami. Karena saat ini masih sebuah konsep, maka kami baru dapat melakukannya secara sederhana untuk memperluas dampak jangka panjang," ujar Tosh.

Concept Luna sendiri merupakan proof of concept, yang dikembangkan bersama dengan Intel. Lalu mengeksplorasi ide-ide desain terbaru, untuk membuat berbagai komponen PC bisa dengan cepat didapatkan, diganti dan digunakan kembali.

Artinya mengurangi sumber daya dan memastikan ada lebih banyak material sirkulasi yang bisa digunakan. Secara nyata, konsep ini menguji coba material apa yang mungkin dan tidak mungkin untuk diproduksi dan dijual.

"Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang krisis iklim, limbah elektronik, dan kendala sumber daya, pertanyaan kami adalah bagaimana kami dapat mendorong penggunaan kembali (reuse) dan dapat mengurangi jejak karbon produk-produk Dell secara signifikan," kata Robson.



Simak Video "Microsoft Batalkan Kehadiran di CES 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)