BlackBerry Gemini dan Bellagio Sempat Digilai di Indonesia, Pernah Pakai?

BlackBerry Gemini dan Bellagio Sempat Digilai di Indonesia, Pernah Pakai?

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 06 Jan 2022 07:45 WIB
BlackBerry 8520 Gemini
BlackBerry Gemini pernah digilai di Indonesia. Foto: Pocket Lin
Jakarta -

BlackBerry Gemini dan Bellagio, dua handphone ini sempat begitu digilai di Indonesia. Bahkan saat penjualan perdananya pernah bikin kericuhan.

BlackBerry Gemini

BlackBerry Curve 8520 atau lebih dikenal dengan Gemini resmi diperkenalkan September 2009, dan pada 14 Oktober 2009 menyambangi Tanah Air. Ini membuat Indonesia menjadi negara pertama di Asia atau ke-3 di dunia yang menjual perangkat tersebut.

Usai dirilis, ponsel ini langsung laku bak kacang goreng di Tanah Air. Sebab utamanya, BlackBerry Gemini dijual seharga hanya Rp 3 jutaan. Padahal sebelumnya perangkat besutan perusahaan asal Kanada ini dibanderol cukup mahal.

Daya pikat lainnya lantaran Gemini merupakan BlackBerry pertama yang menggunakan trackpad lembut menggantikan track ball untuk navigasi. Untuk mengetik, ponsel ini masih menggunakan keyboard full-QWERTY.

Selain fitur standarBlackBerry Internet Service (BIS) untuk mengakses 10akun email dan jugaBlackBerry Enterprise Server (BES) untuk fitur keamanan dan administrasi TI perusahaan, ponsel ini menawarkan fitur baru untuk multimedia. Fitur tersebut bernama BlackBerry Media Sync yang akan membuat pengguna lebih mudah mensinkronisasikan musik dari iTunes atau Windows Media Player dengan smartphone Gemini milik pengguna.

BlackBerry 8520 GeminiBlackBerry 8520 Gemini Foto: Pocket Lin

Soal dapur pacunya, BlackBerry Gemini ditenagai prosesor 512 MHz yang dipadukan dengan RAM 256 MB. Sementara memori internalnya hanya 2 GB, namun disediakan slot microSD yang mendukung hingga 32 GB.

Di bagian belakangnya tersemat kamera 2 MP yang punya kemampuan zoom dan dapat merekam video. Ponsel ini turut dibekali jack audio 3.5mm dan koneksi Bluetooth 2.0. Sayangnya Gemini belum mendukung jaringan 3G/HSDPA, ponsel ini beroperasi di jaringan EGDE/GPRS/GSM (850/900/1800/1900 MHz).

Selanjutnya BlackBerry Bellagio yang Bikin Rusuh

Simak Video '5 Faktor Pendorong BlackBerry Disuntik Mati':

[Gambas:Video 20detik]