5 TV Premium Terbaik 2021, Ada yang Tembus Ratusan Juta Rupiah

ADVERTISEMENT

5 TV Premium Terbaik 2021, Ada yang Tembus Ratusan Juta Rupiah

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 01 Jan 2022 18:00 WIB
LG QNED Mini LED TV
Foto: LG
Jakarta -

Para vendor elektronik berlomba menghadirkan televisi (TV) premium di Indonesia. Walau harganya tembus ratusan juta rupiah, perangkat tersebut ternyata banyak peminatnya.

Seperti HP premium, televisi kelas 'sultan' membawa teknologi terbaru dan tercanggih. Sehingga memberikan pengalaman yang maksimal dalam menikmati hiburan.

Bicara 2021, detikINET mencatat pasar Indonesia kedatangan teknologi Mini LED yang menghasilkan performa visual yang apik. Namun yang tidak kalah menarik adalah kehadiran TV premium besutan perusahaan elektronik dalam negeri. Produk yang dibuat tidak kalah dengan vendor global karena membawa teknologi terkini.

Berikut ini 5 TV premium terbaik 2021:

1. Samsung QN900A Neo QLED 8K

Samsung Neo QLED TVSamsung Neo QLED TV Foto: dok Samsung Indonesia

Samsung QN900A merupakan jajaran Neo QLED yang menawarkan bentangan 85 inch dengan resolusi 8K. Teknologi Quantum Matrix Technology Pro mengoptimalkan performa Quantum Mini LED dengan ukuran LED yang 40 kali lebih kecil dari LED konvensional, untuk menghadirkan level kontras yang tinggi dan warna hitam yang lebih pekat sehingga tayangan TV menjadi lebih tajam dan hidup.

Neo Quantum Processor 8K menggunakan teknologi deep-learning dan AI Upscaling untuk meningkatkan kualitas konten apapun menjadi konten berkualitas 8K. Berkat Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) menyajikan suara yang bergerak mengikuti gerakan obyek di setiap adegan, serta fitur Spacefit Sound pun menghadirkan akustik terbaik.

Infinity One Design membuat NeoQLED 8K semakin tipis dengan 0.8mm bezel, sehingga ia tampak stylish dan meningkatkan estetika ruangan yang ditempatinya. Punya refresh rate 120 Hz, dan response time 5,8 ms, cocok untuk bermain game. Lalu ada juga dukungan AMD Freesync Premium Pro, yang kompatibel untuk PC maupun konsol.

2. LG OLED Evo G1

LG OLED EvoLG OLED Evo Foto: dok LG

LG OLED Evo G1 hadir dalam ukuran 65 inch dengan resolusi 4K dan refresh rate 120 Hz. Televisi ini dibangun dengan elemen cahaya baru yang memberikan gambar terang dan memiliki kejernihan tinggi, detail dan lebih nyata. Televisi ini ditenagai prosesor Alpha 9 gen 4 AI yang membuat konten terlihat lebih apik, adegan bebas blur dan teks lebih jelas.

Prosesor Alpha 9 gen 4 AI turut mendongkrak performa AI Sound Pro. Ada dua peningkatan yang diberikan, yakni kemampuan mixed up audio ke 5.2 channel yang mampu menghadirkan suara imersif meski menggunakan speaker TV.

LG memberikan fitur baru game optimizer dengan dukungan NVDIA G-Sync, AMD FreeSync, HGiG, VRR, ALLM, dan eARC yang memenuhi spesifikasi HDMI 2.1 yang bakal dibutuhkan untuk memainkan game generasi terbaru. Dilengkapi Magic remote sudah diperbarui, terasa lebih nyaman digenggam dan digunakan. Tata letak tombol semakin intuitif dan ada tombol khusus untuk akses lebih cepat.

3. Sony Bravia XR A80J

Sony Bravia XR Z9JSony Bravia XR Z9J Foto: Sony

Sony Bravia XR A80J OLED memiliki XR OLED Contrast yang dapat menyesuaikan level kecerahan dan warna hitam yang lebih pekat, dan XR Triluminos Pro menyediakan palet warna yang lebih luas untuk mereproduksi setiap warna sehingga tampak seperti yang terlihat di dunia nyata. Dilengkapi teknologi XR Motion Clarity terbaru yang menganalisis silang data untuk memastikan pergerakan tetap mulus, cerah dan jelas tanpa keburaman. Serta Ambient Optimisation mengoptimalkan kualitas gambar dan suara di lingkungan apa pun.

A80J OLED membawa Netflix Calibrated Mode menawarkan konten berkualitas studio untuk para kreator. Ada pula dukungan Dolby Vision dan tersertifikasi IMAX Enhanced TV, sehingga dapat menghadirkan pengalaman IMAX Theater di rumah dan terhubung dengan seluruh layanan streaming bersertifikat IMAX.

Dilengkapi dengan teknologi audio Acoustic Surface Audio+ untuk A80J OLED menghadirkan suara dan pemosisian suara dan surround sound sinematik yang lebih akurat, sehingga dapat menghasilkan gambar dan suara dalam harmoni yang sempurna. Perangkat yang menjalankan Google TV ini diklaim maksimal ketiga memainkan game dari PlayStation 5.

Selanjutnya Polytron Mini LED Quantum dan LG QNED MiniLED TV

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT