Sederet Fitur Inovatif & Canggih pada Galaxy Z Fold3 5G, Apa Saja?

Year in Review 2021

Sederet Fitur Inovatif & Canggih pada Galaxy Z Fold3 5G, Apa Saja?

Angga Laraspati - detikInet
Kamis, 23 Des 2021 13:14 WIB
Samsung Z Fold3
Foto: Samsung
Jakarta -

Samsung sepertinya tak main-main dalam mengeluarkan jagoan terbarunya yaitu Galaxy Z Fold3 5G. Sederet fitur inovatif dan canggih tersematkan di dalam ponsel lipat flagship terbaru ini, apa saja fitur tersebut?

Bila melongok ke belakang, sebenarnya lini Galaxy Z sudah menjadi produk inovatif dengan desain yang tak banyak dimiliki vendor lain. Ya, inovasi tersebut tak lain dan tak bukan adalah desain foldable atau layar yang bisa dilipat.

Tapi bukan Samsung namanya kalau tidak melakukan pengembangan pada generasi ketiga Galaxy Fold-nya. Sederet inovasi dan fitur tersebut tentunya menjadi andalan dari ponsel lipat ini untuk menarik minat masyarakat. Lalu, apa saja fitur tersebut?

Layar Imersif

Pada bagian layarnya, Samsung memberikan sentuhan terbaru dengan mengusung layar utama Infinity Flex Display berukuran 7,6 inch dengan resolusi 2208 x 1768 pixel. Belum lagi teknologi, Under Display Camera yang membuat kamera Galaxy Z Fold3 5G bersembunyi di balik layar.

Galaxy Z Fold3 menjadi perangkat pertama Samsung yang mengadopsi teknologi tersebut, dan menjadi smartphone layar lipat pertama di dunia yang menerapkan kamera di bawah layar. Dengan layar ini, pengguna bisa mendapatkan area tampilan yang lebih luas.

Layar ini juga punya tingkat kecerahan 29% lebih tinggi dibanding Galaxy Z Fold2, yang menggunakan teknologi Eco. Layarnya juga diberikan Corning® Gorilla® Glass VictusTM untuk perlindungan terkuat terhadap goresan dan kejatuhan yang tidak diharapkan.

Samsung juga melengkapi perangkat ini dengan film pelindung baru berbahan PET5 yang dapat meregang dan panel layar utama yang lebih optimal sehingga menciptakan layar yang 80% lebih tahan lama dibanding pendahulunya.

Gawai ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate yang juga naik dari generasi sebelumnya yaitu 120 Hz. Dengan layar seperti ini, kegiatan multitasking akan semakin mudah dan nyaman.

Samsung Galaxy Z Fold3 5GFoto: Samsung

Anti Air & Ketahanan Bodi

Nah, inovasi lainnya yang diberikan Samsung pada ponsel foldable ini adalah sertifikasi IPX8 yang diberikan pada sebuah ponsel lipat. Dengan level ketahanan air yang sama baiknya dengan Galaxy S, Galaxy Z Fold3 5G akan memberikan rasa aman bagi pengguna saat tiba-tiba terkena hujan atau keadaan lainnya.

Dengan adanya sertifikasi IPX8 ini artinya Galaxy Z Fold3 5G bisa direndam di air tawar pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tak cuma itu, Samsung menjaga celah antara bodi dan engsel agar dapat sekecil mungkin, dan komponen elektroniknya pun diberi lapisan karet. Sementara engsel perangkat diberi lapisan anti karat agar terlindung dari korosi.

Ponsel ini juga dibuat dengan Armor Aluminum terbaru dari Samsung, sebuah aluminium terkuat yang pernah digunakan untuk sebuah smartphone. Tak hanya itu, Z Fold3 juga telah melalui tes pelipatan yang ketat, terverifikasi oleh Bureau Veritas, agar tahan dilipat selama 200.000 kali.

Halaman selanjutnya: S Pen dan Kamera >>>>