Tiga iPhone Ini Terancam Tidak Dapat Update iOS 16

Tiga iPhone Ini Terancam Tidak Dapat Update iOS 16

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 13:56 WIB
iPhone 6S
Tiga iPhone Ini Terancam Tidak Dapat Update iOS 16 (Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET)
Jakarta -

Apple telah merilis dua versi dari iOS 15, dan mulai awal tahun depan akan fokus mengembangkan generasi selanjutnya, iOS 16. Meski masih terlalu awal, rumor tentang iPhone yang akan mendukung sistem operasi ini sudah beredar.

Menurut bocoran dari iPhonesoft berdasarkan informasi dari seseorang yang menjalankan seed internal, akan ada tiga iPhone yang tidak kebagian update iOS 16 yaitu iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE original.

Sementara itu beberapa model iPad juga harus rela tidak mendapatkan update iPadOS 16 yaitu iPad mini 4, iPad Air 2, iPad generasi kelima, dan iPad Pro keluaran tahun 2015, seperti dikutip dari 9to5Mac, Selasa (21/12/2021).

Tentu saja semua ini masih rumor sampai Apple mengumumkan iOS 16 secara resmi di WWDC 2022. Tapi iPhonesoft memiliki rekam jejak yang cukup bagus, mereka berhasil memprediksi daftar iPhone yang mendukung iOS 13 dan iOS 14 dengan akurat.

Tapi tahun lalu mereka sempat salah saat mengklaim iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE tidak akan mendapat iOS 15. Saat diumumkan oleh Apple, iOS 15 mendukung model iPhone yang sama seperti iOS 14.

Jika informasi dari iPhonesoft ini benar, artinya iOS 16 membutuhkan chip A10 sebagai spesifikasi minimal untuk mendapatkan fitur-fitur terbarunya.

Meski kabar ini cukup mengecewakan untuk pengguna setia iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE, setidaknya ketiga ponsel ini mendapatkan dukungan software yang sangat lama, bahkan untuk perangkat Apple.

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2015, sementara iPhone SE dirilis pada awal 2016. Artinya ketiga ponsel ini sudah menerima update software secara reguler selama lebih dari enam tahun.

Apple juga berkomitmen tetap akan menyediakan update keamanan untuk iOS lawas. Kalau Apple menepati janjinya, pengguna iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE tetap akan menerima update keamanan untuk iOS 15 sampai beberapa tahun ke depan setelah iOS 16 diluncurkan.



Simak Video "Kehadiran iPhone SE 2022 Dinilai Bawa Dinamika Baru di Pasar Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)