Menanti Canggihnya Mobil Listrik Merek Apple dan Xiaomi

ADVERTISEMENT

Menanti Canggihnya Mobil Listrik Merek Apple dan Xiaomi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 19 Des 2021 20:00 WIB
Mobil Otonom Apple Terhambat
Ilustrasi mobil listrik Apple. Foto: Carscoops
Jakarta -

Mobil listrik menjadi bisnis yang semakin menggiurkan di masa depan lantaran orang-orang diprediksi beralih menggunakannya terkait isu lingkungan. Tak heran jika produsen smartphone pun tergiur.

Xiaomi adalah yang paling dapat dipastikan meluncurkan mobil listrik. CEO Xiaomi, Lei Jun, secara terang-terangan menyatakan pihaknya akan membuat kendaraan listrik dan saat ini, persiapan intensif telah dilakukan.

Xiaomi telah resmi mendirikan perusahaan bernama Xiaomi Automobile yang sudah didaftarkan ke otoritas di China. Xiaomi berencana membangun pabrik mobil listrik yang bisa memproduksi 300 ribu unit setiap tahunnya, saat nanti beroperasi penuh pada 2024.

Pabrik tersebut bakal dibangun di Beijing dalam dua tahap. Selain itu Xiaomi juga bakal membangun kantor pusat unit otomotifnya itu, termasuk kantor divisi penelitian dan penjualan, di Beijing Economic and Technological Development Zone.

"Aku menatap ke depan untuk melihat mobil listrik Xiaomi melalui setiap jalan di dunia. Aku secara pribadi memimpin timnya, ini akan menjadi proyek entrepreneur besar terakhir dalam hidupku. Aku tahu persis apa arti keputusan ini dan aku mau mempertaruhkan seluruh reputasi bertarung untuk Xiaomi," cetus Lei Jun.

Beralih ke Apple. Produsen iPhone ini memang tak secara terbuka menyatakan niatnya terjun ke bisnis mobil listrik, tapi kabarnya kian kencang. Apple bahkan disebut sudah menunjuk pimpinan proyek yaitu Kevin Lynch. Dia sebelumnya memimpin pengembangan Apple Watch.

Target Apple adalah meluncurkan mobil listrik otonom pada 2025, lebih cepat dari target semula yang butuh 5-7 tahun, karena Apple dilaporkan berhasil membuat penemuan penting dalam sistem penyetiran mandiri dan mobil akan siap diuji coba.

Meski begitu masih banyak pihak yang skeptis Apple bisa memenuhi tenggat waktu tahun 2025. Banyak hal yang harus dipenuhi terutama terkait dengan faktor keselamatan pengendara.

Sementara Bloomberg melaporkan Apple ingin membuat Apple Car tanpa setir dan pedal. Mobil listrik ini juga akan punya docking untuk iPad. Akan seperti apa hasilnya? Kita tunggu saja!



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT