Android 12 Bermasalah di Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3

ADVERTISEMENT

Android 12 Bermasalah di Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 09 Des 2021 20:56 WIB
Galaxy Z Fold 3
Galaxy Z Fold 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Samsung mulai menyebar OneUI 4.0 beta yang berbasis Android 12 untuk perangkat Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3. Kini pembaruan itu mulai disebar secara penuh, dan malah menjadi masalah.

Dilansir SamMobile, Kamis (9/12/2021), banyak pengguna Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 melaporkan masalah setelah mereka memperbarui perangkatnya tersebut ke OneUI 4.0, meski beberapa masalah di antaranya terbatas di Korea Selatan.

Masalah paling berat yang terjadi sejauh ini adalah brick, alias perangkat tidak bisa menyala, juga perangkat hanya bisa masuk ke dalam recovery mode. Masalah berat lain adalah layar berkedip, dark mode, ponsel menjadi lambat, dan fitur Dual Messenger tak bisa berfungsi di beberapa aplikasi.

Namun masalah lainnya pun terus bermunculan dari laporan ke dalam forum dukungan Samsung di Korsel. Masalah tersebut antara lain adalah pengguna tak bisa mengambil screenshot, tak bisa menggunakan Netflix dan YouTube, serta foto yang hilang dari gallery.

Beberapa pengguna Galaxy Z Fold 3 pun melaporkan perangkatnya hanya bisa menggunakan refresh rate 60Hz setelah melakukan pembaruan tersebut, bukan 120 Hz yang merupakan refresh rate layar ponsel layar lipat tersebut.

Masalah yang terus bermunculan ini kabarnya membuat Samsung menyetop sementara penyebaran Android 12 untuk Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 sampai mereka bisa memperbaiki masalah tersebut.

Beberapa fitur baru yang dihadirkan Samsung di OneUI 4.0 antara lain adalah:

1. Ekspresikan Kepribadian Pengguna
One UI 4 memungkinkan pengguna mengekspresikan kepribadiannya masing-masing. Dengan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih, Anda dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

2. Emoji
Samsung memberikan rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pilihan untuk menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru.

3. Privasi
Lewat One UI 4, Samsung menghadirkan peningkatan fitur privasi dan keamanan terbaru. Sehingga pengguna dapat memilih apa saja yang ingin dibagikan atau rahasiakan.

4. Ekosistem
One UI 4 membantu pengguna memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga, menyajikan pengalaman mobile yang lebih mantap.



Simak Video "Samsung M13 5G, Ini Harga dan Spesifikasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT