Google Rilis Smartwatch Tahun Depan?

ADVERTISEMENT

Google Rilis Smartwatch Tahun Depan?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 04 Des 2021 06:16 WIB
Samsung Galaxy Watch 4
Ilustrasi Samsung Galaxy Watch 4 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Rumor tentang jam tangan pintar atau smartwatch buatan Google sudah beredar sejak lama tapi tak kunjung jadi kenyataan. Kini kabar terbaru mengatakan Google siap meluncurkan jam tangan pintar tahun depan.

Menurut laporan Business Insider, Google saat ini sedang menyiapkan jam tangan pintar dengan kode internal 'Rohan'. Jam tangan ini dikembangkan oleh tim hardware Google Pixel, bukan oleh Fitbit yang diakuisisi Google awal tahun ini.

Smartwatch ini juga sepertinya akan menggunakan branding Pixel, tapi namanya saat ini belum diketahui. Artinya, smartwatch ini akan memiliki peran yang sama seperti ponsel Pixel, yaitu menunjukkan kemampuan software Google di perangkat yang mumpuni.

Dari segi desain, smartwatch Google akan memiliki layar berbentuk bulat tanpa bezel fisik. Harga smartwatch buatan Google juga akan lebih mahal ketimbang perangkat Fitbit, dan akan bersaing langsung dengan Apple Watch seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (4/12/2021).

Jam tangan pintar Google akan memiliki fitur kesehatan dan olahraga yang dasar, termasuk penghitung langkah dan monitor detak jantung. Google juga kabarnya sedang mengembangkan integrasi Fitbit ke Wear OS yang akan debut saat peluncuran jam tangan tersebut.

Google sebenarnya hampir meluncurkan Pixel Watch pada tahun 2017. Berdasarkan laporan tahun 2019, LG Watch Sport dan LG Watch yang diluncurkan saat itu awalnya akan dipasarkan sebagai bagian dari branding Pixel.

Kepada Insider, karyawan Google mengatakan bahwa bos hardware mereka, Rick Osterloh, membatalkan ide tersebut karena dianggap tidak cocok dengan keluarga Pixel.

Google sendiri baru saja merombak sistem operasi Wear OS 3 yang ditujukan untuk perangkat wearable. Berbeda dengan Wear OS sebelumnya, sistem operasi versi baru in dikembangkan bersama Samsung yang mengintegrasikan platform Tizen ke Wear OS.

Saat ini Wear OS 3 baru hadir di Samsung Galaxy Watch 4. Penjualan jam tangan pintar ini berhasil mendongkrak pangsa pasar Wear OS di tahun 2021.



Simak Video "Layanan Sempat Terkendala, Google Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT