Deretan Fitur Baru Android untuk Akhir 2021

Deretan Fitur Baru Android untuk Akhir 2021

ADVERTISEMENT

Deretan Fitur Baru Android untuk Akhir 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 02 Des 2021 16:24 WIB
Fitur baru Android
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google menyiapkan deretan fitur baru untuk Android, termasuk widget baru untuk YouTube Music, Google Play Books, dan Google Photos. Apa lagi?

Deretan fitur baru ini akan disiapkan untuk penutup tahun 2021, yang juga berisi pembaruan untuk Android Auto, Google Assistant, dan Google Photos, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (2/12/2021).

Namun penambahan fitur terbesarnya tersedia untuk Pixel 6, Pixel 6 Pro, dan seri Samsung Galaxy S21. Di mana pengguna ponsel-ponsel tersebut bisa memanfaatkan ponsel tersebut untuk kunci mobil BMW seri tertentu.

Menurut Google, fitur ini adalah bagian dari fitur 'car key' di Android 12 yang pertama dipamerkan pada Mei lalu. Di mana BMW adalah salah satu pabrikan mobil yang mendukung fitur tersebut.

Fiturnya sendiri akan kompatibel dengan semua seri mobil BMW keluaran 2022 dan 2022, dan Google berharap bisa terus memperluas jenis mobil yang kompatibel dengan fitur ini ke depannya.

Masih di sektor otomotif, pembaruan Android Auto yang disiapkan Google termasuk memberikan tampilan antarmuka yang ramah pengguna saat ponsel Android terhubung ke mobil. Termasuk tombol play baru di homescreen untuk menyalakan musik dengan satu sentuhan.

Lalu ada juga ikon pencarian baru untuk mencari lagu, serta opsi smart reply untuk membalas SMS.

Untuk YouTube Music, kini pengguna bisa mengontrol lagu lewat widget dan juga mengakses lagu-lagu yang sebelumnya diputar. Untuk Play Books, widgetnya bisa dipakai untuk akses cepat ke library buku, sementara di Photos, widgetnya bisa diatur untuk menampilkan foto orang tertentu atau binatang peliharan.

Fitur Memories di Google Photos juga bakal mulai menampilkan foto dan video hasil kurasi di acara seperti Malam Tahun Baru dan sejenisnya pada tampilan grid foto standar.

Soal privasi pengguna, Google kini memberikan fitur permission-reset untuk ponsel Android jadul. Dengan fitur ini pengguna, permission untuk aplikasi yang sudah lama tak dipakai akan otomatis dimatikan.

Sebelumnya fitur ini sudah tersedia untuk perangkat Android 11 ke atas, namun ke depannya akan tersedia untuk perangkat Android 6 ke atas, yaitu pada Januari mendatang.



Simak Video "Daftar Game dan Aplikasi Terbaik di Play Store Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT