Video Call Pakai Headset, Maksimal Sebaiknya Berapa Lama?

Video Call Pakai Headset, Maksimal Sebaiknya Berapa Lama?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 25 Nov 2021 12:30 WIB
View over businesslady shoulder seated at workplace desk look at computer screen where collage of many diverse people involved at video conference negotiations activity, modern app tech usage concept
Ilustrasi rapat online. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Pandemi membuat banyak perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah (WFH), yang membuat rapat-rapat dilakukan secara online. Agar aman untuk telinga, maksimal berapa lama sih?

Menurut Country Manager Jabra Indonesia Brodjo Koesworo Hadiputro, untuk pegawai yang memang sepanjang hari perlu menggunakan headset untuk panggilan telepon, perlu mengistirahatkan telinganya setidaknya setiap empat jam.

"Untuk yang memang butuh memakai headset seharian, saya rekomendasikan maksimal 4 jam, lalu istirahat dulu 10 menit," pungkas Brodjo dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Sebelumnya Brodjo juga membandingkan headset kelas enterprise dengan headset lain, termasuk headset yang sering disertakan dalam paket penjualan ponsel. Menurutnya, perbedaannya sangat terasa, terutama dari segi kenyamanan.

"Coba deh pake itu headset (bawaan ponsel) 4 jam berturut-turut. Pasti sakit dan panas di kuping," ujarnya.

Karena itulah Jabra merilis Evolve2 75, yang memang ditujukan untuk pekerja profesional yang membutuhkan headset untuk keperluan panggilan telepon atau juga video call saat rapat.

Headset ini dijanjikan nyaman dipakai karena memakai teknologi dual-foam yang unik, dilengkapi dengan penutup telinga ergonomis serta desain bantalan telinga ergonomis berbahan dasar kulit sintetis.

Keuntungan lainnya adalah jaminan kualitas produk dan layanan after sales-nya yang lebih terjamin. Saat ini menurutnya ada banyak brand yang menjual headset dengan harga sangat murah, namun ketahanannya tidak terjamin.

"Kalau well known brand ketahanannya sudah pasti, dibanding yang murah tapi gampang rusak. Kalau yang premium juga garansinya pasti lebih dari satu tahun. Jabra rata-rata 2 tahun, malah ada yang 3 tahun," jelas Brodjo.

Brodjo juga menjelaskan kalau selama masa garansi, Jabra tidak akan memperbaiki headset yang rusak. Melainkan langsung ditukar unit baru.

"Kalau di-service itu bakal mengurangi kualitas suara. Makanya garansi Jabra ganti baru," pungkasnya.



Simak Video "Kini Gmail Bisa Digunakan untuk Telepon dan Video Call"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)