Qualcomm Ganti Nama Snapdragon 8 Series, Jadi Apa?

Qualcomm Ganti Nama Snapdragon 8 Series, Jadi Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 11:15 WIB
Ponsel 5G Qualcomm
Qualcomm Ganti Nama Snapdragon 8 Series, Jadi Apa? Foto: The Verge
Jakarta -

Qualcomm akan mengumumkan chipset Snapdragon 8 series terbaru akhir bulan ini. Belum banyak informasi yang diketahui tentang chipset ini, tapi satu hal yang pasti Snapdragon 8 series akan mengusung nama baru.

Selama ini Qualcomm menamai chipsetnya dengan angka tiga digit, seperti Snapdragon 480, Snapdragon 765 atau Snapdragon 888. Angka pertamanya melambangkan kelas chipset, seperti Snapdragon 8 series yang merupakan chipset flagship dan Snapdragon 4 series untuk entry level.

Angka kedua biasanya menandakan generasinya, misalnya dari Snapdragon 865 ke 875. Sedangkan perubahan di angka ketiganya biasanya menandakan update yang minor, seperti Snapdragon 765G jadi 768G.

Ke depannya, Qualcomm tidak lagi menggunakan angka tiga digit untuk semua chipset-nya. Mereka akan menggunakan nama series satu digit diikuti dengan nomor generasi.

Perubahan ini akan dimulai dengan Snapdragon 8 series. Meski Qualcomm tidak mengungkap langsung nama barunya, kemungkinan nama baru Snapdragon series adalah Snapdragon 8 Gen1 sesuai dengan rumor yang beredar saat ini, seperti dikutip dari GSMArena, Selasa (23/11/2021).

Selain itu, nama Qualconn juga akan lebih jarang muncul di nama produk mobile-nya. Snapdragon kini akan berdiri sebagai brand sendiri yang terpisah dari brand Qualcomm.

Qualcomm juga akan menghilangkan akhiran 5G di produk mobile-nya. Mereka beralasan 5G saat ini sudah menjadi sangat umum sehingga tidak membutuhkan penjelasan tambahan.

Masing-masing produk Qualcomm juga akan memiliki warnanya sendiri, termasuk Midnight, Gunmetal, Nickel, Snapdragon Red, dan Gold. Untuk produk flagship-nya, Qualcomm akan menggunakan warna Gold.

Qualcomm akan mengumumkan Snapdragon 8 series terbaru di event Snapdragon Tech Summit pada 30 November 2021 mendatang.



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)