Ini Chip Pertama di Dunia yang Mengubah Masa Depan - Halaman 2

Kolom Telematika

Ini Chip Pertama di Dunia yang Mengubah Masa Depan

Elizabeth Jones - detikInet
Senin, 15 Nov 2021 21:12 WIB
Mikroprosesor Intel 4004, Chip Pertama di Dunia tahun 1971
Ini Chip Pertama di Dunia yang Mengubah Masa Depan Mikroprosesor Intel 4004 (Foto: Intel)

Pada 2021, mikroprosesor sudah mendarah daging dalam hampir semua aspek kehidupan sehari-hari bagi orang-orang di seluruh dunia. Laptop, smartphone, komputer gaming, sampai perangkat pintar yang serba terhubung. Teknologi mikroprosesor, yang dipicu oleh Intel 4004, memungkinkan kita untuk senantiasa terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan kerja selama pandemi, menghilangkan hambatan geografis, dan melengkapi waktu bersantai kita.

Bahkan lebih jauh dari itu. Ambil contoh pandemi COVID-19.

Intel bekerja sama dengan Council of Scientific and Industrial Research dan International Institute of Information Technology di Hyderabad, India, untuk mewujudkan hasil test virus corona yang lebih cepat dan lebih murah. Teknologi juga membantu upaya genom sequencing virus corona untuk membantu memahami aspek epidemiologinya. Intel juga berkolaborasi dengan National Association of Software and Service Companies India untuk membangun ekosistem aplikasi dan multi-cloud back end untuk mendukung diagnostik COVID-19 dalam skala populasi satu negara. Ini membantu para ilmuwan memprediksi terjadinya wabah dan meningkatkan manajemen dan administrasi perawatan medis.

Bagaimana semua hal-hal baik itu bisa terjadi? Anda dapat menebaknya: Semuanya berbasis teknologi mikroprosesor kemampuannya terus meningkat ketika berbagai kebutuhan yang berbeda mucul.

"Arah kemajuan tidak selalu tampak dengan jelas.Misalnya, kemampuan mikroprosesor dengan kapasitas luar biasa untuk menjadi otak bagi alat bantu dengar, belum terlihat jelas pada tahun 1971. Tapi itu sudah menjadi kenyataan pada saat ini," kata Faggin.

Jika 4004 mengantarkan kita memasuki era komputasi modern melalui desain dan produksi CPU pertama yang tersedia secara komersial untuk kalkulator meja, prosesor 12th Gen Intel® Core™ dan 3rd Intel® Xeon® Scalable terbaru menyediakan arsitektur yang memfasilitasi hiburan Anda, pekerjaan, artificial intelligence, komputasi cloud, komunikasi 5G, dan kemampuan edge. Prosesor-prosesor ini mengoptimalkan pemrosesan dan hadir sebagai silikon yang mampu menjalankan berbagai aplikasi dari desktop, laptop, cloud, edge, maupun saku Anda.

Saat ini, kita sudah memiliki lebih dari sekadar kalkulator di saku, semua berkat mikroprosesor Intel 4004.

*Elizabeth Jones adalah sejarawan Intel Corporation.



Simak Video "Asa 'Neuralink' Elon Musk Tanamkan Chip ke Otak Manusia Makin Dekat"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)