Pertumbuhan Disney+ Melambat, Netflix Masih Paling Populer

Pertumbuhan Disney+ Melambat, Netflix Masih Paling Populer

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 12 Nov 2021 18:45 WIB
Amsterdam, The Netherlands, 02/03/2020, Disney+ startscreen on  mobile phone. Disney+ online video, content streaming subscription service. Disney plus, Star wars, Marvel, Pixar, National Geographic.
Pertumbuhan Disney+ Melambat, Netflix Masih Paling Populer (Foto: Istock)
Jakarta -

Layanan streaming video Disney+ masih mengalami pertumbuhan selama Q4 2021, namun pertumbuhannya sudah jauh melambat dibanding kuartal sebelumnya.

Selama periode tiga bulan dari Juli sampai Oktober, Disney+ mencatatkan penambahan 2,1 juta pelanggan. Namun pertumbuhannya turun jauh dibanding kuartal sebelumnya, di mana mereka mencatatkan 12,6 juta pelanggan baru.

Jika ditotal dengan pelanggan Hotstar, Disney+ saat ini mempunyai 118,1 juta pelanggan, dengan pemasukan rata-rata per pelanggan secara global USD 4,12, turun dari USD 4,62 pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Pada September lalu, CEO Disney Bob Chapek sudah memperingatkan para investor kalau pertumbuhan pelanggan barunya akan menurun, yaitu satu digit jutaan yang rendah pada Q4 ini, dan prediksinya benar-benar terjadi.

Sementara itu analis Wall Street memperkirakan Disney+ bakal mendapat 8,1 juta pelanggan baru pada Q1 2022, dengan total pelanggan mencapai 126,2 juta. Disney membutuhkan waktu sekitar 16 bulan untuk mencapai 100 juta pelanggan.

"Sambil memperingati ulang tahun kedua Disney+, kami sangat senang dengan kesuksesan bisnis streaming kami, dengan total 179 juta pelanggan dari portfolio DTC (direct to consumer, termasuk ESPN+ dan Hulu) kami," ujar Chapek.

Sementara itu, Netflix masih merajai layanan video streaming, dengan jumlah pelanggan global mencapai 214 juta, dan 74 juta di antaranya berasal dari Amerika Serikat dan Kanada, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (12/11/2021).

Pemasukan rata-rata per pelanggan di AS dan Kanada pada Q3 lalu adalah USD 14,68, naik 14 sen dibanding kuartal sebelumnya. Pada kuartal lalu Netflix juga mencatatkan 4,4 juta pelanggan baru, naik dibanding pertumbuhan pada kuartal sebelumnya yang hanya sejuta pelanggan.



Simak Video "Barli Asmara Rancang Gaun Bertemakan Film Disney 'Encanto'"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)