Samsung Punya RAM Baru, Bisa Buat Jagat Metaverse

Samsung Punya RAM Baru, Bisa Buat Jagat Metaverse

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 12 Nov 2021 10:45 WIB
Samsung LPDDR5X
Foto: Dok. Samsung
Jakarta -

Samsung merilis RAM generasi terbaru bernama LPDDR5X untuk perangkat mobile seperti HP dan sejenisnya, dan bisa juga untuk bermacam perangkat lain termasuk metaverse.

RAM tersebut adalah LPDDR5X yang secara teknis punya peningkatan signifikan dibanding pendahulunya. Kecepatannya 1,3x lebih kencang ketimbang LPDDR5 dan juga punya kepadatan yang lebih tinggi, sampai dengan 65GB per chip.

Konsumsi dayanya pun lebih irit 20% dibanding generasi sebelumnya. Semua itu dicapai karena RAM ini dibuat menggunakan proses 14nm yang baru.

Sama seperti RAM di PC, peningkatan ini tentu hanya terlihat signifikan di atas kertas. Karena dalam penggunaan sehari-hari, akan sulit membedakan performa HP yang memakai RAM LPDDR5 dan LPDDR5X.

Nah, Samsung menyebut RAM ini juga cocok dipakai untuk pemakaian selain HP, salah satunya metaverse. Sayangnya mereka tak menjelaskan secara detail dari pernyataan ini.

Namun dengan konsumsi daya yang rendah serta performa lebih kencang, RAM ini bisa membantu perangkat headset AR dan VR menjadi lebih kencang dan irit daya. Jadi pengguna bisa memasuki 'dunia digital' dengan lebih baik.

Klaim penggunaan pabrikasi 14nm di chip ini pun menarik, karena sebelumnya Samsung tak secara gamblang menjelaskan pabrikasi yang dipakai RAM-nya. Mereka hanya menyebut chip RAM sebelumnya punya performa di kelas 10nm, yang bisa diartikan kalau proses yang dipakai antara 10nm dan 20nm.

Belum jelas kapan LPDDR5X akan dipakai di HP, termasuk lini Galaxy milik Samsung. Namun spekulasi Anandtech menyebut chip RAM tersebut baru akan dipakai di perangkat keluaran 2023.



Simak Video "Kerjasama Blibli dengan Samsung, Keuntungan Apa Sih yang Kita Dapat?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)