Duh ! iPhone 13 Bakal Langka Sampai Tahun Depan

Duh ! iPhone 13 Bakal Langka Sampai Tahun Depan

ADVERTISEMENT

Duh ! iPhone 13 Bakal Langka Sampai Tahun Depan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 16:45 WIB
iPhone 13 Pro
iPhone 13 Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Dibanding pabrikan ponsel lain, Apple sebenarnya tak terlalu kena dampak dari kelangkaan chip yang terjadi secara global ini.

Namun dampaknya tetap terasa, terutama pada lini iPhone yang terbaru, yaitu iPhone 13. Berdasarkan sumber dari pemasok komponen, produksi iPhone 13 tak akan bisa memenuhi permintaan yang ada setidaknya sampai Februari 2022.

Dalam laporan Digitimes disebutkan kalau pasokan iPhone 13 akan tetap terbatas selama kuartal ini dan juga sampai kuartal mendatang, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Selasa (9/11/2021).

"Kurangnya pasokan dari komponen IC untuk seri iPhone 13 terjadi mulai awal Oktober dan mulai membaik setelah pemasok meningkatkan produksinya, dengan para perakit yang mulai bisa meningkatkan jumlah produksi sampai Februari mendatang untuk mencapai jumlah permintaan," tulis Digitimes.

Sebelumnya diberitakan, sejak pandemi terjadi, permintaan chip terus meningkat namun tak bisa dipenuhi dari sisi produsen. Hal ini masih terjadi sampai saat ini, yang membuat banyak pabrikan mengalami hambatan dalam memenuhi permintaan pasar.

Dampak dari kelangkaan ini bagi Apple tak sebesar dampak di pabrikan lain. Namun tetap saja mereka kehilangan potensi pendapatan yang besar dari masalah ini, yaitu mencapai USD 6 miliar atau sekitar Rp 85 triliun.

"Kami punya performa kuat meski ada hambatan pasokan yang lebih besar dari prediksi, yang kami estimasi sekitar USD 6 miliar," ujar Cook.

"Kelangkaan chip di seluruh industri yang sering kita bicarakan dan masalah manufaktur di Asia Tenggara yang terkait COVID-19," tambahnya.

Cook memprediksi kerugian dari masalah pasokan komponen ini akan semakin besar pada kuartal Desember mendatang.

Apple pun sampai memangkas produksi iPad dan mengalihkannya ke iPhone 13. Menurut laporan Nikkei yang mengutip dua sumber, produksi iPad dalam dua bulan terakhir turun hingga 50% dibandingkan rencana awalnya. Selain komponen iPad, beberapa komponen untuk iPhone lawas juga dialihkan untuk iPhone 13.

iPad dan iPhone memang memiliki beberapa komponen yang sama, termasuk chip utama dan periferal. Ini memungkinkan Apple untuk mengalihkan suplai antara iPad dan iPhone jika dibutuhkan.



Simak Video "Apple Bakal Jual Murah iPhone 13 Refurbished"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT