Apple Pangkas Produksi iPad Demi iPhone 13

Apple Pangkas Produksi iPad Demi iPhone 13

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 03 Nov 2021 09:15 WIB
iPhone 13 Pro
Apple Pangkas Produksi iPad Demi iPhone 13 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple memangkas produksi iPad demi bisa mengalokasikan chip untuk iPhone 13. Kebijakan ini mengindikasikan bahwa dampak krisis chip global yang dirasakan Apple lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Menurut laporan Nikkei yang mengutip dua sumber, produksi iPad dalam dua bulan terakhir turun hingga 50% dibandingkan rencana awalnya. Selain komponen iPad, beberapa komponen untuk iPhone lawas juga dialihkan untuk iPhone 13.

iPad dan iPhone memang memiliki beberapa komponen yang sama, termasuk chip utama dan periferal. Ini memungkinkan Apple untuk mengalihkan suplai antara iPad dan iPhone jika dibutuhkan.

Alasan Apple memprioritaskan produksi iPhone 13 karena mereka memperkirakan permintaan iPhone akan lebih tinggi dibandingkan dengan iPad. Apalagi saat ini pasar di Amerika dan Eropa mulai bangkit dari pandemi virus Corona.

Meski begitu permintaan iPad dalam setahun belakangan tetap tinggi berkat keharusan belajar dan bekerja dari rumah. Berdasarkan data IDC, Apple mengapalkan 40,3 juta unit iPad di sembilan bulan pertama tahun 2021, naik 17,83% dar periode yang sama di tahun 2020.

Karena produksi iPad dipangkas, konsumen yang sudah memesan tablet ini harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan perangkatnya. Misalnya, bagi konsumen di Amerika dan Eropa yang sudah memesan iPad mini terbaru, perangkat mereka baru akan dikirimkan pada awal Desember 2021.

Menurut analis dari Counterpoint Research Brady Wang, langkah Apple mendahulukan iPhone ketimbang iPad di tengah kelangkaan komponen merupakan sesuatu yang masuk akal. Apalagi Apple merupakan penguasa pasar tablet saat ini.

"Sedikit pengguna akan beralih ke tablet Android jika mereka ingin membeli iPad tapi harus menunggu lebih lama. Namun, ada kemungkinan bahwa seseorang bisa beralih ke ponsel Android jika mereka tidak bisa cepat-cepat membeli iPhone," kata Wang, seperti dikutip dari Nikkei, Rabu (3/11/2021).

Laporan Nikkei ini juga menguatkan proyeksi CFO Apple Luca Maestri. Dalam laporan keuangan terbaru Apple, Maestri mengatakan pendapatan dari iPad untuk periode Oktober-Desember diperkirakan akan menurun karena masalah pasokan komponen.

Ini bukan pertama kalinya Apple memprioritaskan iPhone di atas iPad. Pada tahun 2020, mereka mengalokasikan beberapa komponen iPad untuk iPhone 12 agar perangkat utama mereka tidak terdampak gangguan supply chain selama pandemi COVID-19.



Simak Video "Berikut Daftar Harga iPhone 13 Series di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)