Data WhatsApp dari iPhone Bisa Migrasi ke Pixel

Data WhatsApp dari iPhone Bisa Migrasi ke Pixel

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 28 Okt 2021 10:46 WIB
Migrasi WhatsApp iPhone ke Android
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Setelah sebelumnya tersedia untuk HP flagship Samsung, kini fitur migrasi data WhatsApp dari iPhone juga bisa dilakukan ke ponsel Pixel.

Dalam pengumuman di blog resminya, Google menyatakan fitur tersebut kini tersedia di semua ponsel Pixel dan ke depannya akan tersedia di semua ponsel yang dirilis dengan OS bawaan Android 12.

Seperti diketahui, sebelum adanya fitur ini, memindahkan data WhatsApp dari iPhone ke Android sangat sulit dilakukan, bahkan hampir tidak mungkin. Dengan kehadiran fitur ini, pengguna bisa dengan mudah memindahkan data WhatsApp dari iPhone ke Android.

Namun sayangnya, sampai saat ini tak ada fitur untuk melakukan kebalikannya, yaitu mentransfer data dari Android ke iPhone, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (28/10/2021).

Proses transfernya sendiri terbilang mudah. Yang dibutuhkan hanya aplikasi WhatsApp versi terbaru baik di iPhone maupun Android, dan kabel USB-C dan Lightning.

Saat akan mengaktivasi ponsel Android baru, nantinya akan ada opsi untuk memindai QR code menggunakan iPhone yang WhatsAppnya akan ditransfer, yang kemudian akan memulai proses transfernya lewat QR code tersebut.

Prosesnya kurang lebih sama dengan yang sebelumnya pernah dijelaskan Samsung saat mereka merilis Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Google memastikan kalau selama proses transfer ini tak ada pesan WhatsApp yang masuk ke WhatsApp di iPhone. Jadi tak ada pesan yang terselip selama proses transfer berlangsung.

Oh ya, menurut Google, pembuat ponsel pun bisa memasukkan fitur ini ke dalam ponselnya saat melakukan pembaruan ke Android 12. Jadi masih ada kemungkinan kalau ponsel yang ada saat ini pun bisa mendapat fitur tersebut.



Simak Video "Pengumuman! Google Rilis Pixel 6 pada 19 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)