Ini Biang Keladi Harga HP Sampai Laptop Terancam Naik

Krisis Chip Dunia

Ini Biang Keladi Harga HP Sampai Laptop Terancam Naik

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 13 Okt 2021 11:14 WIB
Woman demonstrating new modern smartphone with blank white screen for advertisement or application mockup
Ilustrasi smartphone. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Beijing -

Kelangkaan chip sudah beberapa lama bikin pusing para perusahaan HP, laptop sampai otomotif di dunia. Namun kondisi itu sepertinya belum akan terselesaikan, malah bisa semakin parah dan membuat harga laptop sampai harga smartphone terancam naik. Apa penyebabnya?

Pemerintah China awalnya berusaha dengan ketat mengawasi penggunaan energi dalam rangka menekan emisi. Namun demikian, hal itu menyebabkan kelangkaan produksi silikon yang dibutuhkan untuk membuat chip komputer.

Kelangkaan bahan bakar menyebabkan produksi silikon itu terganggu. Sebabnya, beberapa pabrik besar dihentikan operasinya karena harga bahan bakar batu bara yang dianggap biang polusi semakin tinggi. China sudah mencanangkan bebas karbon di 2060, namun penerapannya menimbulkan kekacauan.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Rabu (13/10/2021) terjadi pemangkasan produksi silikon di China secara drastis. Padahal elemen yang sebenarnya melimpah dari Bumi ini penting untuk memproduksi teknologi yang digunakan sehari-hari seperti smartphone, mobil dan laptop.

Silikon digunakan dalam membuat semikonduktor untuk chip HP dan smartphone serta kendaraan roda empat, sehingga mereka inilah yang paling terimbas. "Permintaan yang meningkat karena pandemi global dan krisis energi berarti kelangkaan silikon tak bisa dihindari," kata Profesor Komputer dari Northwester University, Seda Memik.

Apple bahkan sudah merasakan dampaknya. Salah satu pemasok chip penting Apple, TSMC yang berbasis di Taiwan, dilaporkan menaikkan harga komponen karena kelangkaan silikon ini, sehingga berpotensi harga iPhone dan produk Apple lain bakal naik atau tertunda produksinya.

Hal yang sama terjadi di industri komputer. "Industri PC terus terganggu dari tantangan suplai dan logistik dan sayangnya masalah ini tidak ada perkembangan berarti dalam beberapa bulan belakangan," kata Jitesh Ubrani, periset dari IDC.

Direktur riset di firma riset pasar Forrester Research Glenn O'Donnell, mengatakan kelangkaan chip karena kendala pasokan mengakibatkan harga yang lebih tinggi yang perlu diserap oleh produsen atau diteruskan ke konsumen. Hal itu kemungkinan marak terjadi pada tahun depan.

"Mereka harus menaikkan harga karena harga suplai juga naik. Ini adalah masalah kelangkaan chip. Merupakan masalah klasik soal permintaan dan suplai," kata O'Donnell dikutip dari The CIO Dive.



Simak Video "Realme Buka Suara soal Kabar Harga Ponsel Naik Imbas Krisis Chip"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)