Naikkan Harga Chip, TSMC Disebut Pilih Kasih ke Apple

Naikkan Harga Chip, TSMC Disebut Pilih Kasih ke Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 17:42 WIB
prosesor tsmc
Naikkan Harga Chip, TSMC Disebut Pilih Kasih ke Apple Foto: Istimewa
Jakarta -

Belum lama ini TSMC dikabarkan akan menaikkan harga produksi chip hingga 20% untuk mitranya. Tapi sepertinya tidak semua mitra TSMC akan menerima perlakuan yang sama.

TSMC dikenal sebagai mitra manufaktur chip untuk Apple, Qualcomm, Nvidia, Intel, dan lain-lain. Di antara semua perusahaan itu, Apple rupanya merupakan mitra terbesar bagi TSMC sehingga mereka tidak akan merasakan kenaikan harga chip yang signifikan.

Berdasarkan laporan dari analis semikonduktor Lu Xingzhi, Apple menyumbangkan seperlima dari total pendapatan TSMC selama tiga tahun terakhir. Karena itu, TSMC hanya akan menaikkan harga chip sebesar 3% untuk Apple, sedangkan perusahaan lainnya tetap akan membayar hingga 20% lebih tinggi.

TSMC pilih kasih ke Apple sebenarnya tidak mengejutkan. Produsen iPhone itu dikabarkan sudah memesan lebih dari 100 juta unit chip A15 Bionic untuk memastikan iPhone 13 tidak langka saat peluncuran, seperti dikutip dari TechSpot, Selasa (7/9/2021).

Laporan terpisah dari Nikkei mengatakan kenaikan harga chip buatan TSMC akan berlanjut hingga tahun 2022, begitu juga dengan kelangkaan chip. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk harga bahan baku dan biaya logistik yang lebih tinggi.

Kenaikkan harga chip dikhawatirkan akan membuat harga ponsel dan gadget lainnya ikut naik karena vendor mungkin akan membebankan biayanya ke konsumen. TSMC sendiri akan menaikkan harga chip sebesar 10% untuk chip kelas atas dan 20% untuk chip kelas bawah.

Hal ini diprediksi akan membuat vendor ponsel mengubah strategi bisnisnya. Analis dari Counterpoint Research Dale Gai mengatakan vendor mungkin akan menaikkan harga ponsel flagship untuk mengimbangi dampak biaya produksi ponsel kelas menengah atau kelas bawah yang lebih tinggi.

Kenaikan harga ponsel, komputer, dan gadget lainnya akibat kenaikan harga chip diprediksi akan cukup signifikan. Tapi dampak dari kenaikan harga chip TSMC kemungkinan baru akan dirasakan mulai tahun depan.

Tidak diketahui apakah kenaikan harga chip sebesar 3% ini akan membuat harga iPhone 13 dan MacBook Pro M1X akan jadi lebih mahal. Kita tunggu saja sampai peluncuran iPhone 13 dalam beberapa minggu ke depan.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)