AirPods Pro Kebagian Fitur Mirip Airtags

AirPods Pro Kebagian Fitur Mirip Airtags

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 07 Okt 2021 13:12 WIB
Apple Airpods Max
AirPods Max. Foto: Apple
Jakarta -

Apple merilis firmware baru untuk AirPods Pro dan AirPods Max yang membuatnya punya fitur mirip AirTags.

Fitur ini membuat penggunanya bisa mencari AirPods-nya itu menggunakan aplikasi Find My. Sebenarnya, penggunaan aplikasi Find My untuk mencari AirPods sebelumnya sudah bisa dilakukan, namun sekadar mencatat lokasi terakhir AirPods tersebut saat terhubung ke ponsel, dan juga memutar suara agar lebih mudah ditemukan.

Nah kini, pengguna bisa mengaktifkan Lost Mode jika AirPods-nya hilang dan memanfaatkan jutaan iPhone, iPad, dan Mac yang ada di dunia untuk mencari AirPods tersebut.

Jika AirPods tersebut ada dalam jangkauan Bluetooth perangkat Apple, pemiliknya akan mendapat notifikasi dan informasi lokasinya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (7/10/2021).

Lalu Apple juga menambahkan fitur Find Nearby untuk mencari AirPods Pro dan Max yang terselip namun dalam posisi yang masih berdekatan dengan pemilik. Akurasi lokasinya memang tak sebaik AirTags, karena tak ada chip U1 di dalam AirPods, jadi pencariannya hanya berdasar kekuatan sinyal Bluetooth, yaitu far, near, atau here.

Pengguna akan mendapat notifikasi jika mereka mereka meninggalkan AirPods di suatu tempat.

Untuk mendapatkan fitur-fitur baru ini, pengguna cukup memperbarui firmware AirPods Pro dan Max-nya. Namun sayangnya, sampai saat ini tak ada cara untuk melakukan pembaruan firmware secara manual, alias murni bergantung pada sistem untuk memperbarui firmwarenya secara otomatis.

Pengguna cuma bisa mengecek apakah firmware AirPods-nya sudah versi terbaru yang mendapat deretan fitur di atas. Firmware terbaru ini adalah versi '4A400', yang bisa dilihat dengan cara:

Cara mengecek firmware AirPods Pro dan AirPods Max

  • Buka Settings (di iPhone ataupun iPad)
  • Pilih General
  • Pilih About
  • Pilih AirPods dan cek 'firmware version'


Simak Video "AS Terbitkan 2 Aplikasi Paten Baru Apple, Mau Bikin Drone?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)