Kapan Ada iPad Pakai OLED, Apple?

Kapan Ada iPad Pakai OLED, Apple?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 21:13 WIB
iPad Mini
iPad Mini 6. Foto: dok Apple
Jakarta -

Rumor kehadiran iPad dengan layar OLED sudah ada sejak lama, namun sampai saat ini layar iPad yang paling canggih 'hanya' mini LED. Jadi kapan, Apple?

Rumor terbaru terkait iPad dengan panel OLED dihembuskan oleh analis Ming-Chi Kuo, yang menyebut Apple bakal memulai penggunaan OLED pada iPad Air keluaran 2022.

Menurut Kuo saat itu, Apple bakal memakai OLED di iPad Air dan tetap menggunakan mini LED di iPad Pro. Pasalnya harga panel mini LED lebih mahal dan lebih aman terhadap masalah burn in yang bisa terjadi di panel OLED.

Namun kemudian Kuo menyebut Apple menganulir rencana tersebut, dan bakal bertahan dengan teknologi LCD hingga 2022 mendatang, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya hal tersebut terjadi karena Apple menganggap performa panel OLED tak sesuai ekspektasi mereka dan harga panelnya tak sesuai dengan persyaratan mereka. Jadilah Apple bakal tetap menggunakan panel TFT-LCD di iPad Air keluaran 2022.

Apple pertama mengadopsi panel yang bukan TFT-LCD di iPad Pro 2021 varian 12,9 inch. Lalu mereka diperkirakan akan memakai panel ini di MacBook Pro 14 inch dan 16 inch, yang kabarnya bakal dirilis pada Oktober mendatang.

Ke depannya, Kuo memprediksi dalam 3-5 tahun ke depan, tren produk yang bakal terjadi adalah tablet yang lebih ringan, tipis, dan menganut desain foldable, alias layarnya bisa dilipat. Namun Apple menurutnya masih melakukan riset dan pengembangan teknologi layar untuk produk tablet.

Lalu untuk lini MacBook, baik itu Air maupun Pro, nantinya akan beralih semua ke teknologi layar mini LED. Jadi menurut Kuo seri MacBook akan menggenjot jumlah pengapalan panel mini LED ke depannya.

Jika MacBook Pro 14 inch dan 16 inch yang memakai mini LED kabarnya akan dirilis pada Oktober mendatang, lini MacBook Air dengan mini LED mungkin baru akan ada pada 2022 mendatang.



Simak Video "Apple Rilis iPad Pro Terbaru, Apa yang Berbeda dari Sebelumnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)