Apple Pakai Layar Murahan di iPad Mini 6?

Apple Pakai Layar Murahan di iPad Mini 6?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 03 Okt 2021 12:20 WIB
iPad Mini
Apple Pakai Layar Murahan di iPad Mini 6?. Foto: dok Apple
Jakarta -

Layar iPad Mini 6 dikeluhkan menampilkan animasi scrolling yang bergoyang atau lazim disebut efek 'jelly scroll'. Apa penyebabnya?

Efek 'jelly scroll' di iPad Mini 6 ini dijelaskan oleh iFixit saat membongkar salah satu iPad terbaru tersebut. Efek ini bukanlah hal baru, dan ada hubungannya dengan orientasi papan controller yang ada dalam perangkat.

Artinya, efek ini tak selalu muncul, tergantung orientasi layar saat tablet digunakan. Penyebabnya adalah layar akan 'memperbarui' tampilan (refresh rate) dari satu sisi ke sisi satunya.

Jadi, jika pengguna menggunakan tablet di orientasi tertentu, yang tak sesuai dengan orientasi komponen, maka efek scrolling layarnya akan terasa tidak setara di tiap sisinya. Dalam kasus iPad Mini 6, efek 'jelly scroll' ini muncul saat dipakai di orientasi vertikal.

Apple sendiri menyebut masalah ini adalah hal yang normal, dan menurut spekulasi iFixiit, hal tersebut terjadi karena Apple menggunakan panel layar yang lebih murah ketimbang biasanya. Jadi pergantian gambar pada layar menjadi lebih terlihat dibanding biasanya.

Penggantian layar iPad Mini 6 sendiri menurut iFixit dilakukan dengan memanaskan layar dan memotong lem yang merekatkan panel ke bodi. Ada dua konektor yang menghubungkan layar dengan bodi tablet.

Menurut mereka, Apple menggunakan konektor jenis baru untuk menghubungkan baterai di iPad Mini 6, yang lebih mudah dibuka ketimbang sebelumnya. Meskipun baterainya sendiri ditempel menggunakan lem yang sangat kuat, jadi butuh alkohol isopropil untuk melarutkannya.

Hanya saja, meski layarnya tak sulit dibuka, ada satu komponen yang mungkin tak bisa beroperasi setelah dibongkar. Yaitu speaker, karena speakernya ini terhubung dengan lem, yang membuatnya tak bisa berfungsi setelah dibongkar.

Oh iya, komponen USB-C di iPad Mini 6 juga modular, sehingga terpisah dari motherboard, yang membuatnya bisa diperbaiki atau diganti dengan mudah. Namun hal tersebut tak cukup membuat iPad Mini 6 dapat skor tinggi dalam hal perbaikan, karena iFixit hanya memberi skor 3 dari 10 untuk perangkat ini.



Simak Video "Wujud iPad Mini 6 yang Kini Pakai Port USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)